Ini Platform Belajar Online Bagi Perempuan Untuk Jadi Entrepreneur

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) memegang peranan penting bagi perekonomian dengan kontribusi yang tinggi bagi pendirian bisnis (99%) dan PDB (60%) di tahun 2018. Jumlah UMKM di tahun 2018 mencapai 57,83 juta dan 60% diantaranya dikelola oleh permpuan atau setara dengan 37 juta perempuan wirausaha.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 24 Oktober 2019  |  06:51 WIB
Bisnis.com, JAKARTA -- UN Women dan Sunlight dari Unilever, meluncurkan WeLearn, platform belajar online yang bertujuan untuk meningkatkan kesempatan belajar yang setara, serta melakukan pemberdayaan untuk perempuan yang ingin memulai atau mengembangkan bisnisnya melalui pengembangan keterampilan.
 
Platform belajar online WeLearn dari UN Women menawarkan materi pembelajaran gratis berbasis keterampilan, disesuaikan dengan kebutuhan belajar perempuan, serta akses ke komunitas belajar. 
 
Dirancang bersama dengan perempuan wirausaha dan bekerja sama dengan pakar industri, kurikulum WeLearn tersedia dalam berbagai format untuk membantu perempuan dalam menjalankan dan menyelesaikan materi dan modul yang ada, disesuaikan dengan kemampuan menyelesaikan dan ketersediaan waktu yang dimiliki.
 
Usaha mikro kecil menengah (UMKM) memegang peranan penting bagi perekonomian dengan kontribusi yang tinggi bagi pendirian bisnis (99%) dan PDB (60%) di tahun 2018. Jumlah UMKM di tahun 2018 mencapai 57,83 juta dan 60% diantaranya dikelola oleh permpuan atau setara dengan 37 juta perempuan wirausaha.
 
Terlepas dari kemajuan pemberdayaan ekonomi perempuan, perempuan wirausaha masih menghadapi tantangan dalam mengakses pengembangan keterampilan, menemui hambatan dalam mendapatkan modal untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka, serta dalam mengakses jaringan bisnis. 
 
Hal ini sebagian besar terjadi karena norma dan budaya yang bersifat diskriminatif terhadap perempuan. Meningkatkan akses dan kesempatan perempuan untuk berwirausaha adalah dengan memastikan bahwa perempuan memperoleh pengembangan keterampilan yang sesuai dengan perkembangan pasar dan kebutuhan di dunia kerja yang terus berubah, serta agar perempuan mampu untuk mengambil keputusan dan membuat pilihan menyangkut hidupnya. 
 
"Melalui WeLearn, kami akan menyediakan kesempatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan melakukan pemberdayaan perempuan agar mereka dapat mengubah kehidupannya, dalam keluarga, dan komunitas,” ucap Jamshed Kazi, UN Women Indonesia Representative, dalam rilis yang diterima Bisnis,  Rabu (23/10/2019).
 
Veronica Utami, Diretur Home Care Unilever Indonesia & Durt is Good SEA-ANZ mengatakan, pihaknya senang bisa menjalin kolaborasi dengan UN Women dalam mengembangkan platform WeLearn. Hal ini sejalan dengan purpose atau tujuan mulia brand kami, yakni   menggali potensi diri perempuan yang selama ini masih terpendam. 
 
"Paling lambat tahun 2022,  kami ingin membantu 5 juta perempuan Indonesia menemukan potensi dirinya dan merealisasikan cita-citanya untuk berwirausaha. Kami percaya,  dengan memberikan kesempatan bagi perempuan untuk belajar, hal ini akan menginspirasi dan mendukung mereka untuk memulai dan menumbuhkan bisnisnya," tuturnya

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perempuan

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top