Poster konser My Chemical Romance di Los Angeles/Instagram-My Chemical Romance
Entertainment

Los Angeles Bakal Satukan Kembali Grup Band Emo My Chemical Romance 

Dionisio Damara
Sabtu, 2 November 2019 - 04:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah beberapa tahun hilang dari peredaran, grup band emo My Chemical Romance dipastikan akan kembali manggung pada 20 Desember 2019 di Shrine Expo Hall, Los Angeles, Amerika Serikat.

Rumor kembalinya My Chemical Romance (MCR) ke panggung hiburan rupanya akan terbukti kebenaran, meski setidaknya hanya untuk satu kali pertunjukan. Pasalnya, grup band ini telah menyatakan bubar sejak 2013. 

Sebelumnya, muncul isu pada 2016 yang menyatakan bahwa MCR akan bereuni setelah akun media sosial grup band asal New Jersey itu kembali aktif untuk merayakan 10 tahun album The Black Parade. 

Rumor itu terus berkembang hingga awal tahun ini ketika Joe Jonas mengklaim bahwa MCR berlatih di sebelah studio Jonas Brother. Namun, klaim tersebut segera dibantah oleh eks gitaris MCR Frank lero.

Los Angeles Bakal Satukan Kembali Grup Band Emo My Chemical Romance 

 My Chemical Romance MCR-Antara-Instagram

Rumor kembali muncul setelah akun Facebook dan Twitter MCR memperbarui foto profil. Selain itu, mereka mengunggah gambar di Instagram dengan keterangan "Like Phantoms Forever".

Postingan Instagram itu lantas disambut ucapan sukacita dari penggemar MCR yang memadati kolom komentar. Sedikitnya, ada lebih dari 38.000 komentar, mayoritas menyatakan kerinduannya pada MCR. 

"I'd like to thank God for this Miracle," tulis akun @spookily.livevil dalam kolom komentar tersebut. Selain itu, akun @josephalbert, misalnya, menuliskan, "Hold me, I might cry."

Kerinduan fans MCR sepertinya tak bisa dibendung. Band ini terakhir kali merilis album barunya pada 2010 berjudul Danger Days: The True Lives of the Fabulous Killjoys. Berselang tiga tahun, band ini pun mengundurkan diri dari panggung musik.

Setelah bubar, masing-masing personel akhirnya memilih jalur solo. Gitaris Frank Iero terjun ke karir solo dengan nama Frank Iero and Futur Violents dan menelurkan album Barriers pada Mei tahun ini. Sementara vokalis Gerrard Way merilis album solo Hesitant Alien pada 2014 dan merilis seri novel grafis The Umbrella Academy. 

Emotional Music

Dikutip dari Wikipedia, Emo (pengucapan: /imo) adalah singkatan untuk emotional music. Emo adalah gaya musik rock dengan ciri khas musik yang melodius, disertai lirik ekspresif dan berisi pengakuan.

Pada pertengahan 1980-an terdapat subbudaya hardcore punk di Washington, D.C.. Musik mereka disebut emotional hardcore atau emocore, perintisnya adalah Rites of Spring dan Embrace.

Punk gaya baru yang dipelopori Rites of Spring juga disebut emotive hardcore.

Sejalan dengan ditirunya gaya bermusik ini oleh grup-grup punk kontemporer Amerika, terjadi pergeseran dan perubahan bunyi musik dan arti, tercampur dengan pop punk dan indie rock, dan berpuncak pada awal tahun 1990-an dengan musik oleh Jawbreaker dan Sunny Day Real Estate.

Pada pertengahan 1990-an grup-grup musik emo mulai bermunculan dari Amerika Serikat Tengah Barat dan Amerika Serikat Tengah, dan sejumlah label independen mulai menjadi spesialis emo.

Emo mulai populer sebagai genre musik pada awal 2000-an mengikuti kesuksesan Jimmy Eat World dan Dashboard Confessional yang laris rekamannya hingga mendapat piringan platina, dan munculnya subgenre baru dari emo berupa screamo yang lebih agresif.

Istilah emo dipakai oleh kritikus musik dan wartawan untuk menyebut musik yang dibawakan berbagai artis, termasuk Fall Out Boy dan My Chemical Romance, serta grup-grup yang unik seperti Coheed and Cambria dan Panic at the Disco.

Personel My Chemical Romance berdasar penelusuran di Intrenet terdiri dari Gerard Way sebagai vokal utama, Frank Iero (gitar ritme , 2002 – 2013), Mikey Way (gitar), Ray Toro (gitaris utama, 2001 – 2013), Bob Bryar (Instrumen musik perkusi, 2004 – 2010), Matt Pelissier (Instrumen musik perkusi, 2001 – 2004), James Dewees (nstrumen musik perkusi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Saeno
Sumber : Variety.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro