5 Cara Cepat Mengubah Mood menjadi Positif

Keadaan pikiran negatif kita bisa terasa sangat kuat sehingga kita bisa dengan mudah melupakan betapa cepatnya mereka berubah menjadi lebih baik. Mereka secara signifikan lebih lunak dari yang Anda yakini. Tidaklah meremehkan untuk mengatakan bahwa mereka sering didasarkan pada rumah kartu!
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 06 November 2019  |  10:28 WIB
5 Cara Cepat Mengubah Mood menjadi Positif
Ilustrasi - Dailymail

Bisnis.com, JAKARTA - Perubahan mood atau moodswing kerapkali kita rasakan dalam sekejap saja.

Perubahan mood dari positif ke negatif atau sebaliknya memang bisa terjadi dalam waktu singkat tergantung pikiran dan kondisi lingkungan.

Jika mood baik berubah menjadi buruk adalah hal yang harus dihindari, maka sebaiknya Anda tahu bagaimana mengubah mood buruk menjadi baik, atau mempertahankan mood baik Anda agar hari-hari Anda bisa berjalan dengan menyenangkan.

1. Hindarkan visualiasasi negatif

Visualisasi negatif adalah ketika Anda dengan sengaja membayangkan betapa buruknya hidup Anda jika Anda tidak memiliki apa yang Anda miliki.

Ini bisa merujuk pada hubungan Anda, mobil, teman, kesehatan, panca indera yang utuh, dll. Ini juga termasuk membayangkan semua hal yang bisa salah, tetapi belum. Munculkan visualisasi positif dalam pikiran Anda. Peretasan mental yang tampaknya mendasar dan mudah ini secara langsung menurunkan set-point hedonis Anda (sehingga Anda lebih mudah lebih bahagia).

2. Bersyukur

Mensyukuri apa yang Anda miliki membuat Anda akan selalu merasa bahagia dan tidak ingin mengeluhkan apapun. Bayangkan bahwa kehidupan Anda lebih baik dari orang lain yang mengharapkan kehidupannya seperti Anda.

3. Baca buku motivasi

Membaca buku atau kutipan motivasi bisa membantu Anda menjadi lebih baik. Saat ini sudah banyak akun-akun di media sosial yang membagikan kutipan motivasi yang bisa membuat perasaan Anda lebih baik dan lebih bahagia.

4. Nikmati momen terindah Anda

Anda benar-benar dapat belajar untuk meletakkan senyum di pikiran Anda hanya dengan mempertimbangkan saat-saat paling bahagia dalam hidup Anda atau orang-orang yang Anda cintai. Ini membutuhkan waktu beberapa menit, dan Anda dapat menjadikannya salah satu meditasi terbaik dalam hidup Anda. Pilih momen tertentu yang menggembirakan dan bayangkan secara visual, kemudian akses apa yang Anda dengar dan rasakan juga untuk melibatkan kelima indera untuk memperdalamnya dan menikmati kegembiraan Anda.

Anda juga bisa membayangkan senyum orang yang Anda cintai di benak Anda, dan juga menahan senyum Anda sendiri. Rahasianya, ternyata senyum menipu otak kita untuk menjadi lebih bahagia!

5. Mewujudkan frame "terakhir kali"

Kebenaran yang serius adalah bahwa akan ada "terakhir kali" Anda melakukan segalanya. Maksudku segalanya. Dengan mengingat hal ini, bahkan tugas-tugas yang paling tidak menyenangkan dan biasa saja, seperti membersihkan kamar mandi Anda, terjebak dalam lalu lintas bumper-ke-bumper, atau membuang sampah, dapat memiliki rasa yang berharga dan pedih bagi mereka. Perlahan dan nikmati, setidaknya sedikit.

Yang benar adalah bahwa hidup Anda dapat terlihat seperti mukjizat, atau Anda dapat menemukan cara-cara untuk menjadi lebih baik. Perbedaannya adalah mempelajari kebiasaan baru dan mudah untuk menurunkan titik hedonis Anda dan menghubungkan otak Anda menuju kebahagiaan. Yang mana yang Anda sukai?

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inspirasi

Sumber : psychology today

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top