4 Minuman yang Tak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Saat Anda hamil perlu berhati-hati dengan gaya hidup. Ada hal kecil yang perlu Anda perhatikan saat masa mengandung yakni minuman yang dikonsumsi.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 08 November 2019  |  09:08 WIB
 4 Minuman yang Tak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil
Aneka jus buah dan sayur untuk kesehatan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Saat Anda hamil perlu berhati-hati dengan gaya hidup. Ada hal kecil yang perlu Anda perhatikan saat masa mengandung yakni minuman yang dikonsumsi. 

Ada beberapa minuman yang ternyata tak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan, satu di antaranya minuman yang diklaim menyehatkan. Berikut uraiannya dikutip dari Timesofindia.

1. Soda 

Minuman berkarbonasi seperti soda pantang dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 menyebut mengonsumsi soda dalam usia kehamilan dapat menyebabkan anak mengalami obesitas nantinya. 

2. Kafein

Pantang bagi ibu hamil untuk mengonsumsi kafein dalam dua semester pertama. Hal ini karena kafein yang berulangkali dikonsumsi oleh ibu hamil dapat menyebabkan anak lahir dalam kondisi yang lemah hingga bahkan risiko keguguran. 

3. Jus detoksifikasi

Jus detoksifikasi adalah jenis minuman yang paling populer hingga saat ini karena manfaat kesehatannya. Namun, jus segar jenis ini ternyata dapat berbahaya bagi  ibu hamil. Disarankan untuk tidak mengonsumsi jus detoks saat mengandung karena banyaknya bakteri berbahaya yang terkandung didalamnya. Apalagi, jika jus detoks ternyata tidak menjalani proses pasteurisasi, Anda bisa saja mengalami keracunan makanan. 

4. Air tap

Kasus ini memang banyak terjadi di luar negeri, namun begitu perlu waspada untuk tidak mengonsumsi air secara sembarangan. Anda yang sedang hamil disarankan untuk minum air putih gratis yang tersedia di tempat umum seperti bandara dan pusat perbelanjaan karena berpotensi memasukkan bakteri jahat ke dalam tubuh. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hamil, MINUMAN BERSODA

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top