Piala Oscar : 159 Judul Film Bersaing pada Kategori Documentary Feature

Academy of Motion Picture Arts & Sciences (AMPAS) mengumumkan ada 159 entri untuk kategori Documentary Feature yang berlomba memperebutkan Oscar ke-92 tahun depan.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 13 November 2019  |  08:59 WIB
Piala Oscar : 159 Judul Film Bersaing pada Kategori Documentary Feature
Piala Oscar -

Bisnis.com, JAKARTA – Academy of Motion Picture Arts & Sciences (AMPAS)  mengumumkan ada 159 entri untuk kategori Documentary Feature yang berlomba memperebutkan Oscar ke-92 tahun depan.

Dilansir dari Variety, Rabu (13/11/2019) Academy menyebut dari jumlah tersebut masih terdapat beberapa pengajuan yang perlu menyelesaikan persyaratan pertunjukan teater, termasuk film American Factory, Halston, Pavarotti, dan Tesla Nation.

Salah satu persyaratan kualifikasi Oscar untuk kategori ini adalah melakukan pemutaran teater atau bioskop selama 7 hari di Los Angeles dan New York pada akhir tahun.

Film-film dokumenter yang diajukan tahun ini mencakup berbagai topik, mulai dari kekerasan bersenjata, pendaratan di bulan, hingga film biopik tokoh-tokoh sepakbola dan penulis.

Adapun, beberapa judul yang populer adalah Apollo 11 dari sutradara Todd Douglas Miller, The Biggest Little Farm dari John Chester, Echo in the Canyon dari sutradara Andrew Slater, The Edge of Democracy dari Petra Costa, dan For Sama besutan sutradara Edwars Watts dan Waad Al-Kateab.

Academy akan mengumumkan daftar singkat 15 film terpilih pada 16 Desember 2019. Selanjutnya dikerucutkan menjadi nominee Oscar pada 13 Januari 2020 dan pengumuman pemenang dilaksanakan pada 9 Februari 2020.

Tahun lalu, lima film nominasi kategori Documentary Feature adalah Free Solo (pemenang); Hale Country This Morning, This Evening; Minding the Gap; Of Fathers and Sons; dan RBG.

Film Free Solo yang keluar sebagai pemenang kategori ini disutradari oleh Jimmy Chin dan Elizabeth Chai Vasarhelyi.

Film tersebut bercerita tentang seorang pemanjat tebing Alex Honnold yang berupaya melakukan aksi panjat solo-bebas di El Capitan, sebuah formasi batu vertikal di National Park Yosemite, Amerika Serikat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala oscar

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top