Relationship

Penyebab Suami merasa Insecure

Mia Chitra Dinisari
Senin, 25 November 2019 - 15:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Bath, para suami yang sepenuhnya bergantung pada istri mereka untuk dukungan finansial merasa tertekan dan insecure tentang situasi mereka.

Temuan ini menunjukkan bahwa norma sosial tentang pencari nafkah laki-laki - dan konvensi tradisional tentang laki-laki yang menghasilkan lebih dari istri mereka dapat berbahaya bagi kesehatan laki-laki.

Para peneliti sampai pada kesimpulan ini setelah mempelajari data yang dikumpulkan dari 6.000 pasangan menikah di Amerika. Data dikumpulkan selama 15 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika pendapatan istri melebihi 40 persen dari total pendapatan rumah tangga, para lelaki mulai merasa cemas.

Menurut para peneliti, para suami paling tidak tertekan ketika istri mereka membantu mereka secara finansial. Tetapi seorang pria mulai merasa tidak aman jika istrinya mulai menaungi pendapatannya.

 "Konsekuensi dari pembalikan peran gender tradisional dalam pernikahan yang terkait dengan pendapatan yang lebih tinggi dari berbagai dimensi, termasuk kesehatan fisik dan mental, kepuasan hidup, kesetiaan dalam perkawinan, perceraian, dan daya tawar pernikahan," kata kepala penelitian itu.

“Dengan maskulinitas yang terkait erat dengan pandangan konvensional tentang pencari nafkah laki-laki, norma-norma gender sosial tradisional berarti laki-laki mungkin lebih mungkin mengalami tekanan psikologis jika mereka menjadi pencari nafkah sekunder dalam rumah tangga atau menjadi tergantung secara finansial pada istri mereka, sebuah temuan yang memiliki implikasi untuk mengelola kesehatan mental pria dan pemahaman masyarakat tentang maskulinitas itu sendiri. "tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro