Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penyebab Suami merasa Insecure

Para suami yang bergantung pada istri mereka Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Bath, para suami yang sepenuhnya bergantung pada istri mereka untuk dukungan finansial paling ditekankan tentang situasi mereka.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 November 2019  |  15:46 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Bath, para suami yang sepenuhnya bergantung pada istri mereka untuk dukungan finansial merasa tertekan dan insecure tentang situasi mereka.

Temuan ini menunjukkan bahwa norma sosial tentang pencari nafkah laki-laki - dan konvensi tradisional tentang laki-laki yang menghasilkan lebih dari istri mereka dapat berbahaya bagi kesehatan laki-laki.

Para peneliti sampai pada kesimpulan ini setelah mempelajari data yang dikumpulkan dari 6.000 pasangan menikah di Amerika. Data dikumpulkan selama 15 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika pendapatan istri melebihi 40 persen dari total pendapatan rumah tangga, para lelaki mulai merasa cemas.

Menurut para peneliti, para suami paling tidak tertekan ketika istri mereka membantu mereka secara finansial. Tetapi seorang pria mulai merasa tidak aman jika istrinya mulai menaungi pendapatannya.

 "Konsekuensi dari pembalikan peran gender tradisional dalam pernikahan yang terkait dengan pendapatan yang lebih tinggi dari berbagai dimensi, termasuk kesehatan fisik dan mental, kepuasan hidup, kesetiaan dalam perkawinan, perceraian, dan daya tawar pernikahan," kata kepala penelitian itu.

“Dengan maskulinitas yang terkait erat dengan pandangan konvensional tentang pencari nafkah laki-laki, norma-norma gender sosial tradisional berarti laki-laki mungkin lebih mungkin mengalami tekanan psikologis jika mereka menjadi pencari nafkah sekunder dalam rumah tangga atau menjadi tergantung secara finansial pada istri mereka, sebuah temuan yang memiliki implikasi untuk mengelola kesehatan mental pria dan pemahaman masyarakat tentang maskulinitas itu sendiri. "tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

relationship

Sumber : timesofindia.com

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top