Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Waspada, Virus Influenza Bisa Menyerang Para Pelancong

Influenza ternyata bukan hanya penyakit yang muncul di musim hujan atau musim dingin. Para pelancong pun memiliki potensi terpapar virus flu. Pasalnya, di iklim tropis yang hangat, flu bisa berkembang sepanjang tahun. Dengan kata lain, di belahan bumi mana pun,  selalu ada risiko tertular virus flu.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 26 November 2019  |  15:25 WIB
Ilustrasi pemakaian masker untuk menghindari penyebaran virus influenza. - Reuters/Ivan Alvarado
Ilustrasi pemakaian masker untuk menghindari penyebaran virus influenza. - Reuters/Ivan Alvarado

Bisnis.com, JAKARTA – Influenza ternyata bukan hanya penyakit yang muncul di musim hujan atau musim dingin. Para pelancong pun memiliki potensi terpapar virus flu. Pasalnya, di iklim tropis yang hangat, flu bisa berkembang sepanjang tahun. Dengan kata lain, di belahan bumi mana pun,  selalu ada risiko tertular virus flu.

Jefri H Sitorus, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas I Tanjung Priok Jakarta, mengingatkan agar para pelancong yang hendak bepergian mencari informasi mengenai jenis virus flu di negara yang akan dikunjungi.

“Anda harus benar-benar mampu menerapkan gaya hidup sehat, dan bila perlu lakukan vaksinasi influenza,” ujarnya.

Dhani Arifandi, Head of Medical Sanofi Pasteur Indonesia mengingatkan agar masyarakat mewaspadai virus influenza yang terus menerus berubah dan beradaptasi. Dia bahkan menyebut virus flu sebagai "virus pintar" karena bisa berubah setiap tahun untuk menyerang sistem kekebalan tubuh.

Untuk itulah, perlu dilakukan vaksinasi sebagai investasi kesehatan di masa depan. Sebab, semua orang, termasuk yang sehat pun, berisiko terkena influenza.

“Oleh karena itu, kami pun bermitra dengan Kementerian Kesehatan, Indonesia Influenza Foundation, dan Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya vaksin influenza, khususnya menjelang musim liburan akhir tahun. Kami berharap, masyarakat dapat melakukan pencegahan melalui vaksinasi influenza sehingga dapat menjalani hidup yang bermakna,” ujar Dhani.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

influenza
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top