Ilustrasi/Webmd
Health

7 Cara Mendisiplinkan Anak

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 27 November 2019 - 11:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu aspek yang paling menantang dari mengasuh anak adalah mendisiplinkan anak-anak.

Sebagai orang tua, Anda harus tetap teguh dan konsisten saat mendisiplinkan anak-anak Anda, terlepas dari usia anak-anak Anda. Tidak diragukan lagi orang tua ingin anak-anak mereka mematuhi aturan yang mereka tetapkan tetapi sebagai orang tua Anda sendiri harus mematuhi aturan itu.

Jadi, jika Anda ingin mendisiplinkan anak-anak Anda dan membantu mereka menjadi pengambil keputusan yang lebih baik maka berikut adalah beberapa tips untuk Anda.

1. Tetapkan Beberapa Aturan 

Untuk Mengikuti Aturan dan disiplin berjalan seiring. Tanpa mematuhi aturan-aturan dasar tertentu, seseorang tidak bisa bersikap sopan dan disiplin. Karena itu, Anda dapat menetapkan beberapa aturan untuk diikuti anak-anak Anda. Anda tidak perlu menjadi tentara untuk mendisiplinkan anak-anak Anda.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah beberapa aturan yang mudah diikuti. Seperti Anda dapat meminta mereka bangun pagi, menyirami tanaman, menyelesaikan pekerjaan rumah tepat waktu, mengatur rak buku, dan pulang tepat waktu.

2. Cobalah Menjadi Sedikit Fleksibel Kadang-kadang

Ada saat-saat ketika anak-anak Anda mungkin tidak dapat mengikuti beberapa aturan yang Anda tetapkan. Dalam situasi seperti itu, alih-alih menampar atau memarahi anak-anak Anda, Anda bisa tetap sedikit fleksibel.

Tapi itu harus hanya ketika niat mereka tidak dimaksudkan untuk melanggar aturan. Sebagai contoh, misalkan Anda telah menetapkan waktu ketika anak-anak Anda harus kembali ke rumah, tetapi karena mereka terjebak kemacetan atau karena ban sepeda mereka rata, Anda tidak perlu meneriaki mereka.

Sebaliknya, tanyakan alasan mereka terlambat. Ini dapat membantu membuat anak-anak Anda disiplin dengan waktu yang berlalu. 

3. Tanggapi kesalahan anak-anak 

Kadang-kadang orang tua cenderung mengabaikan kesalahan anak-anak mereka, berpikir mereka nantinya akan menyelidiki masalah ini. Tetapi Anda harus tahu bahwa ini dapat mendorong anak-anak Anda untuk melanggar peraturan dan melakukan kesalahan cukup sering.

Mereka mungkin merasa benar-benar oke untuk tidak disiplin dan melakukan apa pun yang tampaknya benar bagi mereka. Kami tidak mengatakan bahwa Anda perlu menampar anak-anak Anda saat Anda menemukan mereka melakukan sesuatu yang salah.

Sebagai gantinya, Anda dapat meminta mereka untuk berhenti melakukan pekerjaan khusus itu dan menyuruh mereka berperilaku dengan cara yang lebih baik. 

4. Hindari Menjadi Terlalu Keras

Seringkali orang tua berpikir bahwa berteriak pada anak-anak mereka akan membantu mereka mendisiplinkan anak-anak mereka. Namun, ini sepenuhnya hipotetis dan salah. Ada perbedaan antara bersikap keras dan keras. Yang pertama tidak selalu terdiri dari menggunakan kekuatan fisik dan berteriak. Suara yang tegas dan rendah juga dapat menunjukkan keketatan.

Berteriak atau menggunakan kekuatan fisik untuk mendisiplinkan anak-anak Anda tidak pernah merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Ini dapat memiliki dampak buruk pada anak-anak Anda dan juga dapat membuat mereka bermusuhan setelah waktu tertentu. 

5. Tetap pada aturan yang ditetapkan oleh Anda

Jika Anda termasuk orang tua yang menganggap aturan hanya diperuntukkan bagi anak-anak dan merekalah yang perlu mengikutinya dengan cara apa pun, maka Anda mungkin salah. Karena itu, anak-anak belajar dari apa yang mereka lihat Anda lakukan. Jika Anda selalu sibuk di telepon atau sering berteriak, anak-anak Anda akan belajar hal yang sama. Jika Anda ingin anak-anak Anda berperilaku baik, maka latihlah terlebih dahulu.

6. Jelaskan Mengapa Disiplin Itu Penting

Ada kemungkinan bahwa gagasan untuk didisiplinkan mungkin tidak menarik bagi anak-anak Anda dan mereka mungkin menganggapnya sebagai hukuman. Tapi, adalah tugas Anda untuk membuat anak-anak Anda mengikuti aturan. Untuk ini, Anda perlu membuat mereka mengerti bahwa mengapa mereka perlu mengikuti aturan. Sebelum melakukan upaya untuk mendisiplinkan anak-anak Anda, Anda perlu berbagi alasan mengapa itu perlu bagi mereka.

7. Biarkan Ada Komunikasi

Saat melakukan semua hal untuk membuat anak-anak Anda sopan dan disiplin, jangan lupa untuk berkomunikasi dengan mereka secara teratur. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ada untuk mereka dalam setiap keadaan. Lain anak-anak Anda dapat melihat Anda sebagai seorang diktator.

Cinta dan kasih sayang sama pentingnya untuk membesarkan anak-anak yang disiplin. Tidak dapat disangkal bahwa memanjakan anak dapat memanjakan anak-anak Anda, tetapi bersikap terlalu keras dan mendikte setiap hal kepada mereka dapat memperburuk keadaan anak-anak Anda. Mereka mungkin tidak mendengarkan apa yang Anda katakan dan menganggap Anda sebagai orangtua yang buruk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro