Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

2 Pemicu Flek Hitam di Wajah

Flek hitam atau noda hitam di wajah tak muncul begitu saja, tetapi karena ada pemicu dan radiasi sinar UV salah satu di antaranya menurut ahli dermatologi dr Inneke Jane Hidajat, SpKK.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 November 2019  |  11:20 WIB
Facial wajah - Istimewa
Facial wajah - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA  - Flek hitam atau noda hitam di wajah tak muncul begitu saja, tetapi karena ada pemicu dan radiasi sinar UV salah satu di antaranya menurut ahli dermatologi dr Inneke Jane Hidajat, SpKK.

"Orang di Asia mudah kena flek karena banyak pajanan sinar UV. Di Asia Tenggara pajanan matahari tinggi sekali, mengaktifkan sel kulit yang menghasilkan pigmen," ujar Inneke di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Selain itu, pada wanita terutama yang berusia 30 tahun ke atas, munculnya flek bisa karena hormonal.

Tak hanya flek hitam, paparan sinar UV juga bisa meningkatkan radikal bebas di kulit. Efeknya, radikal bebas yang teproduksi tinggi di kulit membuat kulit cepat keriput dan kering. Di sinilah pentingnya antioksidan untuk mengurangi efek buruk radikal bebas.

"Antioksidan supaya kulit tampak cerah. Polusi juga bisa bikin kulit kusam. Saya enggak sarankan enggak kena sinar matahari karena nanti bisa kurang vitamin D," kata Jane.


 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

matahari hormon

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top