Harga Lukisan Potret Wolfgang Amadeus Mozart Meroket

Dilansir dari Reuters, Sabtu (30/11/2019), lukisan yang dilelang di rumah lelang Christie's, Paris, Prancis, itu sebelumnya dibanderol seharga 800.000 hingga 1,2 juta euro.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 30 November 2019  |  15:59 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Lukisan potret komposer asal Austria Wolfgang Amadeus Mozart yang dibuat pada Januari 1770 terjual 4 juta euro, atau lehih tinggi dari harga yang ditetapkan 

Dilansir dari Reuters, Sabtu (30/11/2019), lukisan yang dilelang di rumah lelang Christie's, Paris, Prancis, itu sebelumnya dibanderol seharga 800.000 hingga 1,2 juta euro.

Karya seni yang dikaitkan dengan pelukis Italia Giambettino Cignaroli itu menampilkan sosok Mozart berusia 13 tahun yang tengah memainkan harpsichord dan mengenakan wig putih serta mantel rok merah. 

“Yang sangat menarik tentang potret itu adalah skor musiknya. Ini sebenarnya hanya diketahui dari potret itu, sehingga beberapa ahli musik mengatakan itu bisa jadi karya Mozart sendiri, ”kata Astrid Centner-d'Oultremont, kepala departemen Old Masters di Paris.

Dia menambahkan bahwa karya seni tersebut merupakan satu dari empat potret yang dibuat selama masa hidup Mozart dan telah menjadi bagian dari koleksi pribadi. 

"Ini adalah salah satu lukisan yang sangat langka yang kita ketahui tentang sejarah sejak awal," ujar Centner-d'Oultremont, dalam sebuah wawancara dengan Reuters TV. 

Potret minyak di atas kanvas tersebut dibuat ketika Mozart sedang berpergian ke Italia untuk melanjutkan pendidikan artistiknya. Potret itu pun dibuat oleh perintah Jenderal Venetian Pietro Lugiati setelah Mozart melakukan konser di Verona pada Januari 1770. 

"Pietro Lugiati sangat terkesan dengan bakat Mozart muda ketika dia bepergian di Italia dengan ayahnya," kata Centner-d'Oultremont.

Mozart lahir pada 1756 di Salzburg, Austria, dan meninggal pada 5 Desember 1791 saat berusia 35 tahun dan telah menghasilkan lebih 600 karya. Beberapa karyanya yang terkenal adalah The Marriage of Figaro dan Requiem.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lukisan

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top