Glenn Fredly/Bisnis.com-Syaiful Millah
Entertainment

Glenn Fredly Setuju Penghapusan UN, ini Alasannya

Newswire
Selasa, 3 Desember 2019 - 19:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Glenn Fredly setuju dengan wacana penghapusan atau evaluasi Ujian Nasional (UN) yang sempat dilontarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim beberapa waktu lalu.

"Di satu sisi penghapusan UN udah lama, rencana udah cukup lama. Let's say dari ide, narasi, sampai akhirnya kita melihat bagaimana UN itu perlu kajian lebih jauh. Apa dampak UN terhadap kemajuan, menghasilkan anak-anak generasi hari ini," kata Glenn dalam jumpa pers ICE Fest di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

"Saya sepakat banget dari Mas Nadiem, bicara tentang menghasilkan generasi yang adaptif, adaptasinya terhadap perkembangan. Artinya bukan generasi yang lahir karena menghapal. Mungkin di generasi saya menghapal itu keharusan, tapi kenyataannya bukan itu yang dibutuhkan," lanjutnya.

Menurut pelantun "Kasih Putih" itu, anak zaman sekarang berkembang dengan teknologi sehingga lebih dituntut untuk mengasah kreativitas dibanding dengan penghapal teori dari berbagai cabang ilmu.

"Karena kalau UN dari negara, sedangkan dari Sabang sampai Merauke masyarakat kita punya karakter yang berbeda dalam merespons, memiliki pendekatan yang berbeda terhadap dunia pendidikan masing-masing," jelas Glenn.

Glenn juga setuju bahwa UN sebaiknya dikaji ulang dan bukan faktor utama untuk menentukan kelulusan seorang murid.

"Kalau UN okelah tapi bukan jadi patokan untuk kelulusan. Karena menurut saya pada akhirnya, setahu saya, Anda mau kerja bukan dilihat nilai. Anda ingin bekerja yang dilihat adalah pengalaman, vocational Anda, kemudian cara Anda bisa menyelesaikan sebuah problem," kata personel Trio Lestari itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro