Ilustrasi/Reuters
Travel

8 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Traveling di Musim Liburan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 9 Desember 2019 - 13:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Traveling saat liburan, menjadi salah satu hal utama yang dilakukan orang baik bersama keluarga maupun sahabat.

Karena itu, tak heran jika pada peak season, harga tiket pesawat, sewa kamar hotel menjadi melambung. Alasannya, karena tingginya permintaan.

Traveling di musim liburan, ada efek negatif dan positifnya. Beberapa hal negatif yang bisa terjadi pada saat liburan di peak season ini selain harga mahal juga ramainya pusat wisata dimanapun.

Antrian panjang, padatnya tempat makan, dan crowdednya lokasi wisata membuat Anda tidak bisa begitu menikmati liburan Anda.

Berikut tips agar liburan Anda tetap nyaman dan menyenangkan seperti dikutip dari smarttraveler.com :

Jangan bepergian pada saat yang sama dengan orang lain

Cari tahu kapan puncak liburan datang, karena saat itu biasanya orang bepergian. Misalnya saja pada saat liburan sekolah, atau liburan tahunan seperti lebaran, natal dan tahun baru.

JIka memungkinkan, jangan pilih tangga dan hari yang sama dengan jadwal orang-orang. Anda bisa memilih setelah jalur puncak mudik berakhir misalnya, sehingga tidak terlalu ramai sepanjang perjalanan.

Jangan Terbang dengan barang yang diwrapping

Bepergian dengan membawa barang dengan wrapping yang tertutup bisa menimbulkan kecurigaan. Sebeaiknya pakailah tas yang mudah diperiksa barang apa saja yang Anda bawa.

Spare waktu lebih lama dari biasanya

Datanglah ke bandara dua jam atau 3 jam lebih awal dari jadwal terbang Anda. Ini untuk menghindari kemungkinan macet di perjalanan menuju bandara, antrian di check in pesawat atau kendala lainnya yang mungkin muncul.

Cara lainnya agar lebih efektif Anda juga bisa mencari cadangan tempat di tempat parkir di luar bandara, daftar di TSA PreCheck, cek online sebelumnya, dan batasi diri Anda hanya membawa satu tas jinjing.

Jangan Berlebihan makan dan minum Sebelum Anda Terbang

Liburan adalah semua tentang makan, minum, dan bersenang-senang tetapi yang terbaik adalah tidak melakukannya terlalu banyak di jam-jam sebelum penerbangan Anda. Karena hal itu bisa membuat perjalanan Anda menjadi tidak nyaman.

Bisa saja melewati perjalanan dimana sulit mencari toilet, atau juga berlebihan makan dan minum bisa mengakibatkan gangguan pencernaan yang membuat perjalanan Anda terganggu.

Jangan Gagal Membuat Rencana untuk Cuaca Musim Dingin

Natal putih mungkin terdengar romantis, tetapi badai salju adalah hal terakhir yang Anda inginkan saat bepergian selama liburan. Jika ada kemungkinan salju atau es di sepanjang rencana perjalanan Anda, Anda pasti ingin memiliki rencana cadangan.

Teliti penerbangan alternatif jika rencana perjalanan Anda terganggu di sebuah wilayah. Simpan nomor telepon maskapai Anda di kontak Anda sehingga Anda dapat segera menelepon untuk memesan ulang jika penerbangan Anda dibatalkan. Jika Anda mengemudi, periksa cuaca sebelumnya dan pertimbangkan bepergian pada hari yang berbeda jika tanggal keberangkatan asli Anda terlihat tidak pasti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro