Ilustrasi/Mirror.co.uk
Relationship

Tips Membangun Hubungan yang Sehat

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 13 Desember 2019 - 13:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Setiap hubungan itu unik, termasuk cara mereka menjalani hubungan tersebut.

Tapi, ada hubungan yang bisa dianggap sehat bagi masing-masing pasangan, yang kemungkinan bisa bertahan lama. Dan ada juga hubungan tidak sehat yang bisa saja kandas di tengah jalan.

Sehat atau tidaknya hubungan sebenarnya bisa dibina dan diciptakan dalam semua hubungan. Asalkan masing-masing pasangan memiliki keinginan yang sama dalam membina hubungan jangka panjang.

Hubungan yang sehat adalah berbagi tujuan bersama. Anda juga bisa saling jujur tanpa merasa khawatir satu sama lain. Dan sebenarnya ada beberapa karakteristik dimana hubungan bisa disebut sebagai hubungan sehat, berikut prinsipnya seperti dikutip dari helpguide.org:

Menjaga hubungan emosional yang bermakna satu sama lain

Anda masing-masing membuat pasangan merasa dicintai dan dipenuhi secara emosional. Ada perbedaan antara dicintai dan mencintai. Ketika Anda merasa dicintai, itu membuat Anda merasa diterima dan dihargai oleh pasangan Anda, sebagai diri Anda sendiri.

Beberapa hubungan terjebak dalam koeksistensi damai, tetapi tanpa pasangan benar-benar berhubungan satu sama lain secara emosional. Maka hubungan hanya terlihat baik di permukaan, namun kurangnya keterlibatan dan hubungan emosional hanya menambah jarak antara dua orang.

Tidak takut akan ketidaksepakatan dan menghormati pasangan

Beberapa pasangan berbicara dengan diam-diam, sementara yang lain mungkin mengangkat suara mereka dan sangat tidak setuju. Namun, kunci dalam hubungan yang kuat adalah tidak takut akan konflik. Anda perlu merasa aman untuk mengekspresikan hal-hal yang mengganggu Anda tanpa takut akan pembalasan, dan dapat menyelesaikan konflik tanpa penghinaan, degradasi, atau bersikeras untuk menjadi benar.

Menjaga hubungan dan minat tetap hidup

Terlepas dari klaim fiksi romantis atau film, tidak ada orang yang dapat memenuhi semua kebutuhan Anda. Bahkan, berharap terlalu banyak dari pasangan Anda dapat memberikan tekanan yang tidak sehat pada suatu hubungan. Untuk merangsang dan memperkaya hubungan romantis Anda, penting untuk mempertahankan identitas Anda sendiri di luar hubungan, menjaga koneksi dengan keluarga dan teman, dan mempertahankan hobi dan minat Anda.

Berkomunikasi secara terbuka dan jujur

Komunikasi yang baik adalah bagian penting dari hubungan apa pun. Ketika kedua orang tahu apa yang mereka inginkan dari hubungan dan merasa nyaman mengekspresikan kebutuhan, ketakutan, dan keinginan mereka, itu dapat meningkatkan kepercayaan dan memperkuat ikatan di antara Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : helpguide.org
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro