Hujan lebat disertai petir /ANTARA-Dedhez Anggara
Relationship

5 Langkah Mengantisipasi Atap Rumah Bocor Saat Musim Hujan

Rayful Mudassir
Sabtu, 21 Desember 2019 - 00:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Musim penghujan biasanya menjadi waktu yang diwaspadai oleh para keluarga terhadap kondisi rumah. Bukan tidak mungkin, persiapan yang kurang maksimal pada rumah mengakibatkan atap mudah bocor hingga merembes air dari dinding.

Dinding rembes atau atap bocor acap kali menjadi ancaman bagi tiap keluarga saat musim penghujan. Namun sejumlah langkah dapat dilakukan agar rumah jauh dari gangguan tersebut.

1. Periksa seluruh bagian rumah

Menjelang musim hujan, sebaiknya sempatkan waktu untuk memeriksa sejumlah bagian rumah termasuk dinding maupun atap. Dengan begitu, penghuni dapat melakukan pencegahan agar tak terjadi situasi yang tak diinginkan saat hujan.

2. Gunakan pelapis antibocor

Pelapis antibocor diyakini mampu memberi perlindungan lebih pada seluruh bagian rumah. Beberapa pelapir dapat digunakan untuk melindungi bagian rumah seperti Aquaproof. Penghuni rumah dapat melapisi bagian rumah yang dianggap rawan mengalami kebocoran.

3. Pakai pelapisan primer

Berikan pelapisan primer pada dinding rumah. Sebelum melapisi rumah, pastikan acian tembok telah kering dan bersih. Fungsi primer adalah untuk menggantikan plamir dan cat dasar lainnya. Pelapisan primer dapat menggunakan kuas atau rol cat yang sudah disiapkan.

Lapisan primer bisa dibuat dengan campuran super cement yaitu cairan polimer berwarna putih susu dan cement. Kadar takarannya juga harus tepat biasanya 1 : 1,25 guna mencegah terjadinya efflorescence atau pengelupasan pada dinding tembok.

Campuran tersebut dapat meningkatkan daya lekat ke acian pada tembok, mengikat debu atau partikel kecil yang masih tertinggal dan menghindari terjadinya efflorescence.

4. Pakai Cat Dinding

Setelah dilapisi pelapis primer, lakukan pelapisan pertama cat dinding anti bocor dengan kuas atau rol cat secara menyeluruh. Tunggu sampai kering dan lakukan pelapisan kedua dan arahkan kuas atau rol cat tembok secara menyilang dari lapisan pertama bila memungkinkan. Gunakan Polyester Mesh atau Supermesh pada bagian sambungan yang sudah direkomendasikan.

5. Periksa secara berkala

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Meski telah melakukan perbaikan, pastikan penghuni rumah dapat melakukan pemeriksaan secara berkala. Langkah ini untuk memastikan hunian tetap dalam kondsii prima dan antibocor atau merembes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro