Sumber: Medical News Today
Health

Mengapa Orang Menua Secara Berbeda? Ini Penjelasannya

Reni Lestari
Kamis, 16 Januari 2020 - 16:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang menua secara berbeda, tetapi mengapa demikian? Tim peneliti telah menemukan empat ageotype, yakni jalur biologis penuaan yang dapat membantu kita menjawab pertanyaan itu.

Semua orang menua tetapi tidak dengan cara yang sama. Semakin tua seringkali dapat berarti belajar untuk mengatasi masalah kesehatan yang berbeda, tetapi sekali lagi, orang yang berbeda menghadapi masalah yang berbeda. Mengapa?

Itulah pertanyaan yang tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Stanford di California telah mulai menyelidiki dalam sebuah studi baru.

Penelitian tim melibatkan sekelompok 43 peserta yang sehat antara usia 34 dan 68 tahun yang setuju untuk menjalani penilaian untuk penanda biologi molekuler setidaknya lima kali berbeda selama 2 tahun.

Para ilmuwan Stanford memilih pendekatan longitudinal untuk membantu mereka membangun profil penuaan rinci untuk memetakan parameter penuaan individu yang berbeda.

"Kami tahu sudah ada beberapa penanda molekuler dan klinis yang bagus, seperti kolesterol tinggi, yang lebih umum pada populasi yang lebih tua," kata penulis senior studi tersebut, Prof. Michael Snyder, dilansir Medical News Today, Kamis (16/1/2020).

Namun, para peneliti ingin tahu lebih banyak tentang penuaan daripada apa yang bisa dipelajari dari rata-rata populasi. Apa yang terjadi pada seseorang dengan bertambahnya usia? Tidak ada yang pernah melihat orang yang sama secara detail dari waktu ke waktu.

Melalui analisis mereka, para peneliti mendapatkan empat "ageotypes" atau jalur penuaan yang berbeda, yakni metabolisme (berkaitan dengan penumpukan dan pemecahan zat dalam tubuh), kekebalan tubuh (berkaitan dengan respons imun), hati (berkaitan dengan fungsi hati), dan nefrotik (berkaitan dengan fungsi ginjal).

Snyder dan rekan-rekannya menjelaskan bahwa orang-orang dengan kecenderungan penuaan metabolik mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena kondisi seperti diabetes. Seiring bertambahnya usia, orang-orang ini mungkin juga memiliki kadar hemoglobin A1c yang meningkat, yang merupakan ukuran kadar gula darah. Namun, tim juga mencatat bahwa seseorang bisa mengalami lebih dari satu jenis penuaan, sehingga menghadapi risiko gabungan untuk berbagai masalah kesehatan.

Selain jenis penuaan, tim menemukan perbedaan dalam tingkat penuaan di antara individu. Temuan ini, kata para peneliti, memiliki potensi untuk menawarkan orang lebih banyak kontrol atas hidup mereka.

Jika kita memahami bentuk penuaan seperti apa yang kita sukai, kita juga diberdayakan untuk membuat strategi untuk mencegah masalah kesehatan tertentu dan mungkin memperlambat proses penuaan tertentu.

"Usia itu lebih dari sekadar label; ini dapat membantu individu tidak memperhatikan faktor risiko kesehatan dan menemukan area di mana mereka kemungkinan besar akan menghadapi masalah. Yang terpenting, penelitian kami menunjukkan bahwa mungkin untuk mengubah cara Anda menua menjadi lebih baik," jelasnya.

Namun, penelitian tentang proses penuaan masih jauh dari selesai. Prof. Snyder dan timnya juga melihat faktor-faktor lain yang mungkin berkontribusi terhadap penuaan secara berbeda. Lebih khusus lagi, mereka membandingkan profil penuaan dari orang sehat yang sensitif terhadap insulin dengan orang yang resistan terhadap insulin yang tubuhnya tidak dapat memproses gula darah secara efektif.

"Perbedaan penuaan antara orang sehat dan resisten insulin adalah sesuatu yang belum pernah dilihat sebelumnya. Secara keseluruhan, kami menemukan ada sekitar 10 molekul yang secara signifikan berbeda antara orang-orang yang sensitif terhadap insulin dan yang resisten terhadap insulin ketika mereka menua," katanya.

Dari molekul-molekul itu, banyak yang berperan dalam berfungsinya sistem kekebalan tubuh. Namun, para peneliti juga membuat penemuan lain yang luar biasa. Selama 2 tahun mereka mengumpulkan data tentang para peserta, tidak semua orang menunjukkan perubahan pada penanda usia jenis.

Bahkan lebih luar biasa lagi, bagi sebagian orang yang mengubah gaya hidup mereka - terutama dalam hal pola makan - penanda usia bahkan menurun untuk sementara waktu, yang dalam beberapa kasus, berarti bahwa orang-orang ini menua pada tingkat yang lebih lambat.

Pada beberapa partisipan, perubahan terkait usia pada level molekul kunci hemoglobin A1c dan creatine, yang terkait dengan fungsi ginjal, terjadi pada kecepatan yang lebih lambat.

Pada beberapa orang yang membuat perubahan gaya hidup, tidak ada perbaikan yang jelas pada saat penelitian. Snyder yang juga menganalisis sampel biologisnya sendiri dari waktu ke waktu, berharap bahwa perubahan gaya hidupnya akan terbukti lebih efektif.

Tim juga mencatat bahwa temuan mereka saat ini hanyalah awal dari perjalanan yang panjang dan kompleks untuk memahami cara kerja penuaan. Banyak misteri tetap ada, dan, pada waktunya, para peneliti berharap dapat mengungkap lebih banyak jawaban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro