Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) beraktivitas di Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, saat masa observasi pascaevakuasi dari Wuhan China di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020)./ ANTARA - M Risyal Hidayat
Health

Kemenkes Siagakan Tim Psikolog di Tempat Karantina Natuna

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 6 Februari 2020 - 09:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan menyiapkan tim psikolog di tempat karantina dan observasi WNI di Natuna untuk mendampingi.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Anung Sugihantono mengatakan tim psikolog itu disiapkan untuk memberikan dukungan layanan kesehatan jiwa. Pasalnya dengan masa observasi selama 14 hari dengan ruang gerak yang belum sepenuhnya leluasa, mereka dinilai rentan terhadap stress.

Menurutnya, tim tersebut selalu siap untuk memberikan dukungan psikologis bagi para WNI di Natuna.

“Pagi hari ini telah hadir tim dukungan untuk layanan psikologi baik dari Kementerian Kesehatan dan atau UPT-UPT Kementerian Kesehatan serta organisasi profesi untuk memberikan dukungan layanan,” imbuhnya.

Dengan sampainya di Natuna, Dirjen Anung menegaskan bahwa tim tersebut telah siap memberikan pendampingan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Apabila diperlukan nanti kita tinggal menggeser ke area observasi,” ujar Dirjen Anung.

Selain itu, katanya, pemerintah berupaya memenuhi seluruh logistik yang dibutuhkan oleh WNI di Natuna.

“Seluruh tim pendukung berusaha memenuhi semua kebutuhan yang ada bagi WNI di Natuna,” kata Anung dalam tele conference dengan media di Kementerian Kesehatan (4/2).

Logistik tersebut akan terus diperbarui sesuai kebutuhan yang diperlukan termasuk makanan pendukung seperti snack. Saat ini, tim sedang berupaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan pendukung lainnya seperti alat musik untuk memecah kejenuhan di area observasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro