Seorang peneliti bekerja di laboratorium pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di Nanyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Februari 2020./Antara-Xinhua
Health

Uji Petik Virus Corona, Kemenkes Periksa Sampel Dua Pasien TBC

Newswire
Selasa, 11 Februari 2020 - 11:55
Bagikan

Bisnis.com, TANJUNGPINANG - Dua pasien penderita TBC menjalani uji sampel untuk memeriksa kepastian apakah terinfeksi virus Corona atau tidak. 

Petugas Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kementerian Kesehatan mengambil sampel dari hasil usap tenggorokan terhadap dua pasien tuberkulosis (TBC).

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana, di Tanjungpinang, Selasa (11/2/2020), mengatakan, seorang pasien di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Tanjungpinang positif mengidap TBC. Dokter spesialis di rumah sakit menginginkan kepastian apakah pasien tersebut mengidap virus corona atau tidak.

Seorang pasien lainnya yang dirawat di RSUD Karimun mengalami nasib serupa. Pasien tersebut berada di ruang isolasi. Pasien ini pada awal Februari 2020 berangkat dari Johor, Malaysia menuju Karimun. Johor bukan kawasan tersebarnya virus Corona, melainkan Kuala Lumpur, Malaysia.

Tjetjep membantah pasien di RSUD Karimun ditelantarkan oleh tim medis. Disebutkan Tjetjep bahwa tim medis masih terus mengawasi dan memberi pelayanan kesehatan kepada pasien.

"Pasien di RSUD Karimun berada di ruang isolasi sehingga tidak dapat ditemui oleh orang lain. Bahkan dokter spesialis maupun tim medis hanya masuk ke ruang isolasi pada saat memeriksa pasien tersebut," ujar Tjetjep.

Tjetjep mengemukakan institusi yang memiliki peralatan lengkap untuk mengetahui pasien tersebut mengidap virus Corona atau tidak hanya BTKL-PP Kementerian Kesehatan.

"Petugas sudah mengambil sampel untuk uji petik. Kami masih menunggu hasilnya," tutur Tjetjep.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro