Piala Oscar/
Entertainment

Penonton Piala Oscar 2020 Capai 23,6 Juta Orang, Terendah dalam Sejarah

Syaiful Millah
Selasa, 11 Februari 2020 - 09:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Malam puncak penghargaan Academy Awards atau Oscar ke-92 mencatatkan jumlah penonton terendah dari tahun-tahun sebelumnya.

Dilansir dari Variety, Selasa (11/2) jumlah penonton upacara Oscar 2020 hanya berkisar 23,6 juta orang yang menyaksikan perayaan kemenangan mengejutkan dari film Parasite (2019), yang keluar sebagai pemenang kategori Best Picture.

Jumlah tersebut turun 20% dibandingkan dengan tahun upara Oscar tahun sebelumnya yang mencapai 29,6 juta penonton. Angka penonton Oscar 2020 bahkan lebih rendah dibandingkan Oscar 2018 dengan 26,5 juta penonton.

Dengan demikian, Oscar 2020 menjadi tahun dengan penonton terendah dalam penayangan malam puncak penghargaan bergengsi industri perfilman global.

Laporan tentang hal ini, menurut para analis tidak begitu mengejutkan. Pasalnya, penghargaan menunjukkan angka umum yang mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Tak hanya pada ajang Oscar, tetapi juga penghargaan lainnya.

Sebagai contoh, Golden Globes 2020 juga menunjukkan penurunan jumlah penonton sekitar 2% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Begitu juga dengan Emmy Awards tahun ini yang menjadi tahun dengan penonton terendah dalam sejarah penghargaannya.

Kendati begitu, Oscar 2020 masih merupakan acara penghargaan di industri perfilman yang paling banyak ditonton pada musim ini. mengalahkan Grammy Awards dengan sekitar 5 juta penonton dan Golden Globes dengan 5,3 juta penonton.

Adapun, malam puncak Oscar tahun ini menjadi kemenangan besar bagi Parasite (2019), sebuah film komedi kelam (dark comedy) asal Korea Selatan, besutan sutradara Bong Joon-ho.

Film tersebut berhasil membawa pulang empat piala utama, yakni pada kategori Best Picture, Best International Feature Film, Best Director, dan Best Original Screenplay.

Sementara itu, salah satu film yang harus rela pulang dengan tangan kosong adalah The Irishman (2019) besutan sutradara Martin Scorsese. Film ini menempatkan diri dalam 10 nominasi Oscar tetapi tidak satu pun mendapatkan kemenangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro