Buah-buahan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, ada beberapa buah yang terlarang bagi penyakit tertentu./Boldsky
Health

Simak, Ini 10 Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Novita Sari Simamora
Kamis, 27 Februari 2020 - 10:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penderita diabetes harus berhati-hati untuk dalam memilih buah yang akan dikonsumsi. Sebab, ada beberapa buah yang memiliki kadar gula yang tinggi dan tidak aman dikonsumsi dalam jumlah banyak oleh penderita diabetes.

Mengonsumsi buah dalam tubuh bisa menambah asupan nutrisi seperti vitamin, karbohidrat dan mineral penting lainnya. Namun, akan sangat berbahaya, bila penderita diabetes mengonsumsi makanan terlarang.

Setiap buah memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi yang berbeda-beda, dan memiliki manfaat bagi tubuh. Namun, kondisi tersebut akan sangat tergantung dengan kondisi dan kebutuhan seseorang.

Bagi penderita diabetes, buah-buahan yang berbeda dapat menyebabkan perubahan kadar gula darah yang berbeda dalam tubuh. Agar tetap aman, sebagian besar disarankan untuk menghindari beberapa buah yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Mengutip dari Boldsky, berikut 10 jenis buah yang harus dihindari

1. Mangga

Setiap 100 gram mangga memiliki kandungan gula sekitar 14 gram, yang dapat memperburuk keseimbangan gula darah.

Meskipun ada yang bilang bahwa mangga salah satu buah yang paling enak di dunia, itu harus dihindari karena kandungan gulanya yang tinggi. Mengonsumsi mangga secara teratur dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang berkepanjangan

2. Sapota (Chikoo)

Juga dikenal sebagai sapodilla, buah ini mengandung sekitar 7 gr gula dalam setiap 100 g dari 1 porsi [5]. Nilai indeks glikemik (GI) (55) dari buah, serta kadar gula dan karbohidrat yang tinggi, bisa sangat berbahaya bagi seseorang yang menderita diabetes.

3. Anggur

Buah ini kaya serat, vitamin dan nutrisi penting lainnya, anggur juga mengandung jumlah gula yang baik. Anggur tidak boleh ditambahkan ke diet penderita diabetes karena 85 g anggur dapat mengandung karbohidrat setinggi 15

4. Aprikot Kering

Sementara aprikot segar dapat ditambahkan ke dalam diet diabetes, kita tidak boleh mengonsumsi buah-buahan olahan seperti aprikot kering. Satu cangkir buah aprikot segar mengandung 74 kalori dan 14,5 g gula alami.

5. Prune Kering

Ini adalah salah satu buah utama yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Dengan nilai GI 103, plum mengandung 24 g karbohidrat dalam porsi seperempat cangkir

Ini adalah salah satu buah utama yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Dengan nilai GI 103, plum mengandung 24 g karbohidrat dalam porsi seperempat cangkir.

6. Nanas

Penderita diabetes relatif aman untuk mengonsumsi nanas. Namun, konsumsi berlebihan dapat mendatangkan malapetaka pada kadar gula darah Anda. Kontrol konsumsi Anda dan pantau perubahan kadar gula darah Anda.

7. Custard Apple

Meskipun sumber vitamin C, kalsium, zat besi dan serat yang baik, custard apple bukanlah pilihan terbaik untuk penderita diabetes. Satu porsi kecil sekitar 100 g dapat mengandung karbohidrat setinggi 23 g. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, penderita diabetes dapat memakan apel custard tetapi harus sangat berhati-hati.

8. Semangka

Rendah serat dan kalori, semangka memiliki nilai GI 72 dan porsi setengah cangkir dapat mengandung sekitar 5 gram karbohidrat, menjadikannya salah satu buah yang dapat dikonsumsi dalam porsi yang sangat kecil.

9. Pepaya

Buah pepaya tinggi karbohidrat dan kalori. Buah ini memiliki nilai GI rata-rata 59. Jika ditambahkan ke diet penderita diabetes, itu harus dikonsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas untuk menghindari peningkatan gula darah.

10. Jus Buah Murni 100 persen

Jus yang terbuat dari buah apa saja, harus dihindari oleh individu yang menderita diabetes karena dapat menyebabkan lonjakan glukosa. Karena jus ini tidak mengandung serat, jus dengan cepat dimetabolisme dan meningkatkan gula darah dalam beberapa menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro