Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Apakah Kentang Goreng Sehat?

Saat memasak, kentang sering sekali diolah dengan cara digoreng. Kentang juga sering dijadikan makanan pengganti nasi dan roti.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 Maret 2020  |  19:47 WIB
Kentang goreng2 - boldsky.com
Kentang goreng2 - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kandungan kalium di dalam kentang memiliki manfaat terhadap kesehatan tubuh. Namun, kentang akan memiliki manfaat maksimal, jika diolah dengan benar.

Kalium adalah satu dari mineral dan berfungsi sebagai penyeimbang cairan dan elektrolit tubuh. Tak hanya itu, kalium—sama seperti mineral lainnya—memiliki peran penting lainnya bagi kesehatan tubuh

Kalim memiliki manfaat untuk mengatur tekanan darah. Namun, jika bahan makanan yang kerap diolah dengan digoreng atau dibuat keripik ini dikonsumsi setiap hari, baik atau buruk untuk tubuh?

Sebuah studi yang dilakukan ahli gizi dan ahli kesehatan di Pennsylvania State University dan dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition mengungkapkan, makan satu kentang ukuran sedang sehari dapat menjadi bagian dari diet sehat dan tidak meningkatkan kardiometabolik.

Namun ini jika disajikan tanpa menambahkan terlalu banyak garam atau lemak jenuh, serta disajikan dengan dikukus atau dipanggang.

Lebih lanjut, penelitian juga menunjukkan, makan kentang yang tidak digoreng juga cara terbaik untuk mendapatkan asupan serat dan kalium yang lebih tinggi dari roti, nasi putih atau pasta.

"Kami ingin memastikan orang memakannya (kentang) dengan cara yang sehat dan dalam porsi yang terkontrol," kata Emily Johnston, rekan penulis studi dan mahasiswa doktoral di departemen ilmu gizi di Penn State seperti dilansir Medical Daily.

Makan kentang adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk mendapatkan asupan kalium dan serat itu, jika disajikan secara sehat.

"Sayuran bertepung dan biji-bijian olahan memang berkontribusi menghasilkan nutrisi penting juga, hanya saja kita perlu memakannya secara seimbang," tambah Johnston.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kentang
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top