Ilustrasi-Warga memeriksakan kesehatannya di Pos Pemantauan Virus Corona RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Selasa (3/3/2020). Menurut Kepala Instalasi Promosi Kesehatan RSPI Sulianti Saroso Tiursani Idawati, pos yang dibuka 24 jam gratis dan mulai dibuka pada minggu ketiga Januari itu mengalami peningkatan empat kali lipat pascapresiden mengumumkan dua orang positif Corona di Indonesia./ANTARA-Indrianto Eko Suwarso
Health

Update Penanganan Virus Corona: 13 Orang Diisolasi di Indonesia

Muhammad Khadafi
Jumat, 6 Maret 2020 - 13:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Hingga Kamis (6/3/2020, pukul 18.00 WIB, Pemerintah Indonesia telah melakukan pengecekan terhadap 227 spesimen dari 25 provinsi terkait infeksi virus  Corona atau Covid-19. Sebanyak 13 orang di antaranya diputus menjalani isolasi di rumah sakit.

"Dari keseluruhan ini sudah termasuk 2 kasus positif yaitu kasus 1 dan 2 sudah di RS. 13 kasus suspect di RS dan dalam kondisi diisolasi, lainnya negatif," kata Juru bicara penanganan Covid-19 untuk Indonesia Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Dari 13 orang tersebut, 4 di antaranya terkait dengan kasus positif Covid-19 pertama di Indonesia. Mereka tercatat telah melakukan kontak dekat dengan pasien.

Kontak dekat tersebut memiliki arti orang-orang yang berada dalam radius sekitar 1 meter dengan pasien. Mereka, atau keempat orang itu berada dalam satu lokasi kegiatan yang sama dan diduga menjadi tempat penularan Covid-19 kepada kasus pertama.

Adapun isolasi tersebut, kata Yuri, berkenaan dengan darurat kesehatan masyarakat. Hal ini guna meredam penyebaran Covid-19.

Orang-orang yang telah diisolasi, baik yang telah dinyatakan positif maupun belum, tidak menjalani perawatan khusus. Sejauh ini kelompok yang dibentuk oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum menemukan obat ataupun vaksin untuk Covid-19.

Indonesia telah melaporkan dua orang pasien Covid-19. Saat ini, ujar Yuri, kondisi keduanya keadaan stabil.

Pasien tidak mengeluhkan gejala-gelaja gangguan pernafasan. Kasus 1 dan 2 hanya mengalami batuk sesekali.

Kedua pasien telah menjalani masa isolasi selama 5 hari. Pasien harus dipastikan negatif Covid-19 sebelum diperbolehkan pulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro