Ilustrasi membaca
Relationship

Tips Dapatkan 'Me Time' Saat Masa Karantina di Rumah

Desyinta Nuraini
Jumat, 27 Maret 2020 - 12:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Imbauan untuk tidak keluar rumah membuat gerak dan aktivitas menjadi terbatas. Apalagi, bagi mereka yang tinggal dengan pasangan atau keluarga, menjadi sangat sulit untuk mendapatkan ruang bebas dan menikmati waktu sendirian.

Alhasil, berada di dalam rumah membuat keadaan seseorang semakin tertekan di tengah pandemi virus corona atau COVID-19. Namun kata Ruth Cooper-Dickson, Praktisi Psikologi Positif dari Inggris, ada sejumlah tips mendapatkan waktu sendirian saat masa isolasi atau karantina di rumah.

1. Komunikasikan

Ruth menyarankan untuk mendapatkan me time, anda hanya perlu berkomunikasi dengan baik. Tanyakan ke pasangan anda apakah ada waktu-waktu tertentu untuk mendapatkan privasi mengerjakan sesuatu sendirian.

2. Menetapkan rutinitas dan batasan kerja

Buatlah rencana tentang apa yang menjadi rutinitas kerja anda dan bagaimana hal itu dapat diadaptasi selama masa isolasi diri di rumah. Buat batasan seperti zona larangan untuk disinggahi selama anda bekerja seperti kamar tidur atau taman.

3. Berlatih mendengarkan aktif

Duduklah untuk melakukan percakapan yang baik dengan pasangan anda. Hindari semua hal yang menganggu anda selama percakapan berlangsung.

Bicara dari hati ke hati apa yang menjadi keluhan anda dan pasangan anda. Bisa saja sikap anda di tengah isolasi menjadi lebih tidak perhatian kepada pasangan anda.

Dengan bicara secara intens dan mendengarkan satu sama lain, diyakini bisa membantu meredakan ketegangan dan membuat segalanya berjalan lebih lancar. "Menciptakan ruang untuk percakapan yang jujur akan memungkinkan anda untuk berkomunikasi dengan lebih baik ketika anda merasa kebutuhan anda untuk waktu sendirian tidak terpenuhi," katanya dilansir dari Metro, Jumat (27/3/2020).

4. Pastikan memberi mereka ruang juga

Dalam hal ini, pastikan anda tidak mengabaikan kebutuhan keluarga, pasangan, atau teman serumah. Salah satunya dengan mendengarkan curahan isi hati mereka dan apa keinginan mereka.

5. Buat karya imajiner dari rekan rumah

Berada di rumah dalam masa isolasi tak luput dari keributan kecil. Ada saja pasti hal-hal dari keluarga atau pasangan yang membuat kesal. Namun untuk menghindari keributan dengan mereka, lebih baik anda bergerutu kepada bayangan atau imajinasi yang anda buat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro