Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Cara Membuat Dalgona Coffee di Rumah

Dalgona Coffee bisa dibuat oleh siapa saja dari rumah karena caranya yang cukup sederhana dan bahan-bahan yang mudah diperoleh.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 08 April 2020  |  16:25 WIB
Dalgona Coffee yang kini menjadi tren dan bisa dibikin di rumah. - Instagram @sherubi
Dalgona Coffee yang kini menjadi tren dan bisa dibikin di rumah. - Instagram @sherubi

Bisnis.com, JAKARTA -- Beberapa waktu terakhir, media sosial tengah diramaikan dengan tutorial pembuatan  dalgona coffee.Sejumlah artis dan masyarakat pun berlomba-lomba mencoba berkreasi membuat minuman berbahan dasar kopi yang kini tengah viral tersebut.

Dalgona Coffee pertama kali populer di Korea Selatan. Kreasi ini seolah menjadi alternatif masyarakat yang ingin menikmati kopi dengan cara unik pada saat harus berada di rumah di tengah pandemi corona saat ini.

Dikutip dari India Today, Dalgona Coffee sebetulnya bukan hal yang baru karena bentuknya yang mirip dengan Phenti Hui Coffee (kopi kocok) asal India. Namun, saat membuat Phenti Hui, susu dituangkan di atas campuran foam kopi. Berbeda dengan Dalgona Coffee yaitu campuran kopi yang sudah dikocok dan berbusa, dituangkan di atas susu sehingga terlihat lebih menggiurkan dengan  gradasi dua warna.

Dalgona Coffee ini bisa dibuat oleh siapa saja dari rumah karena caranya yang cukup sederhana dan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Berikut cara membuatnya seperti yang diterangkan youtuber asal Korea J'adore di channel youtube nya, yang hingga saat ini sudah ditonton oleh 9,5 juta viewer.

Pertama siapkan wadah berupa mangkuk, lalu masukkan 5 sendok teh bubuk kopi instan yang tanpa gula dan creamer. Campurkan dengan 4 sendok teh gula dan 4 sendok teh air yang sangat panas.

Kemudian aduk dengan menggunakan alat pengocok atau bisa juga menggunakan mixer. Aduklah dalam bentuk lingkaran besar untuk menambahkan udara ke dalam adonan.

Teruslah mengaduk dalam waktu kurang lebih 8 menit sehingga adonan berubah warna seperti karamel dan mengembang dan mengental.

Untuk penyajiannya, siapkan satu buah gelas.

Tuang susu segar secukupnya, sekitar 2/3 dari gelas.

Setelah itu, tuang adonan coffee ke atas susu.

Bisa juga memberi tambahan toping berupa coklat bubuk atau astor.

Dalgona Coffee siap dinikmati. Selamat mencoba!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi tips Virus Corona kedai kopi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top