Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ratusan Pekerja Kesehatan Uji Coba Vaksin BCG untuk Cegah Virus Corona

Vaksin BCG bisa melatih sistem kekebalan tubuh untuk merespons kuman dengan intensitas yang lebih besar.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 14 April 2020  |  19:40 WIB
Tuberkolosis - tuberkolosis.org
Tuberkolosis - tuberkolosis.org

Bisnis.com, JAKARTA - South Australian Health and Medical Research Institute (SAHMRI) akan menguji coba vaksin yang biasanya digunakan untuk memerangi tuberkulosis kepada ratusan petugas medis dalam rangka meningkatkan kekebalan terhadap Covid-19.

SAHMRI telah meneliti efek dari vaksin yang dikenal dengan vaksin Bacille Calmette-Guerin (BCG).

Dilansir dari abc.net.au, Direktur eksekutif SAHMRI Profesor Steven Wesselingh mengatakan vaksin itu dirancang untuk melindungi individu terhadap tuberculosis - penyakit bakteri menular yang terutama mempengaruhi paru-paru dan juga merupakan pengobatan umum untuk pasien kanker kandung kemih.

Namun, dia mengatakan vaksin itu juga telah terbukti meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi lain, membuat otoritas berharap vaksin itu dapat bekerja untuk meningkatkan kekebalan terhadap virus Corona baru.

Vaksin BCG juga dapat meningkatkan kekebalan garis depan manusia, yang katanya melatih sistem kekebalan tubuh untuk merespons kuman dengan "intensitas yang lebih besar".

"Percobaan akan memberikan bukti kunci yang bisa terbukti sangat berharga dalam perjuangan melawan Covid-19 saat ini dan wabah virus baru di masa depan," katanya sebagaimana dilansir pada Selasa (14/4/2020).

SAHMRI telah bermitra dengan Murdoch Children's Research Institute (MCRI) untuk menggelar uji coba, dengan dukungan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Wesselingh mengatakan percobaan telah dilaksanakan di Melbourne dan ada kemungkinan negara-negara lain akan mengikuti juga.

Pemerintah negara bagian juga telah menyuntikkan dana sebesar US$200.000 untuk uji coba tersebut, dan Menteri Kesehatan Stephen Wade mengatakan dapat meningkatkannya guna mendukung para pekerja yang memiliki risiko tinggi ini.

"Sangat menarik bahwa vaksin yang ada ini dapat membuat perbedaan nyata bagi kesehatan dan kesejahteraan staf rumah sakit kami di garis depan perjuangan melawan Covid-19," Stephen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksin Virus Corona tuberkulosis covid-19
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top