Kuku/
Health

Kuku Terdapat Serpihan Warna Ungu atau Merah, Waspada Penyakit Jantung

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 15 April 2020 - 14:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Gejala serangan jantung meliputi nyeri dada, kesulitan bernapas, dan merasa sakit.

Tetapi Anda juga bisa berisiko terkena penyakit jantung yang mematikan atau myocardial infarction jika Anda memiliki tanda tersembunyi di bawah kuku Anda, bersama dengan demam yang sangat tinggi.

Serangan jantung disebabkan oleh kurangnya darah yang mencapai jantung. Tanpa cukup darah, jantung bisa rusak parah dan bahkan bisa mengancam jiwa.Serangan jantung juga bisa merupakan gejala penyakit jantung koroner, di mana timbunan lemak menumpuk di arteri, yang membatasi jumlah darah yang mencapai jantung.

Anda bisa berisiko terkena penyakit jantung dan selanjutnya serangan jantung, jika Anda menemukan garis merah atau ungu kecil yang tersembunyi di bawah kuku Anda. Garis-garis ini mungkin terlihat mirip dengan serpihan yang terjebak di bawah kuku Anda.

Kebanyakan orang mendapatkan garis ini setiap kali mereka mengalami cedera pada kuku mereka. Tapi, itu juga bisa menjadi tanda peringatan penyakit jantung yang mematikan, menurut Akademi Dermatologi Amerika.

Anda kemungkinan besar berisiko terkena penyakit jantung jika garis tersebut disertai dengan demam tinggi,”Garis merah atau ungu di bawah kuku Anda, kebanyakan orang yang melihat garis-garis ini di bawah kuku berfikir bahwa mereka telah melukai kuku secara tidak sengaja. Jika Anda tidak ingat pernah melukai kuku Anda, Anda mungkin ingin mengunjungi dokter Anda. Garis-garis ini bisa menjadi tanda penyakit jantung atau kondisi lain,” papar Akademi Dermatologi Amerika dilansir dari Express.co.uk,Rabu (15/4/2020).

Garis merah atau ungu secara medis dikenal sebagai perdarahan serpihan. Mereka disebabkan oleh pembuluh darah kecil yang menjadi rusak, dan pecah. Darah berceceran kecil terlihat di bawah kuku. Saat kuku tumbuh keluar, splodges ini berubah menjadi garis-garis darah, yang menyerupai serpihan. Namun, perdarahan serpihan tidak selalu berarti Anda memiliki penyakit jantung. Mereka juga bisa disebabkan oleh diabetes, kolesterol tinggi, atau infeksi jamur.

Gejala serangan jantung yang lebih umum termasuk nyeri dada yang parah, nyeri yang menjalar di lengan Anda, dan tiba-tiba merasa sangat pusing. Tetapi Anda dapat menurunkan risiko serangan jantung dengan melakukan sedikit perubahan pola makan atau gaya hidup. Makan makanan yang sehat dan seimbang akan menurunkan kemungkinan timbunan lemak di arteri Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro