Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berpuasa Membuat Tubuh Kebal dari Covid-19, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Pandemi Covid-19 memunculkan tantangan tersendiri bagi setiap muslim yang hendak menjalankan ibadah puasa. Namun, pakar gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) mengungkapkan bahwa berpuasa dapat meningkatkan imunitas.
Lajeng Padmaratri
Lajeng Padmaratri - Bisnis.com 24 April 2020  |  13:45 WIB
Berbuka puasa dengan buah kurma
Berbuka puasa dengan buah kurma

Bisis.com, SLEMAN - Pandemi Virus Corona atau Covid-19 memunculkan tantangan tersendiri bagi setiap muslim yang hendak menjalankan ibadah puasa. Namun, pakar gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) mengungkapkan bahwa berpuasa dapat meningkatkan imunitas.

Ahli gizi UGM, R. Dwi Budiningsari mengatakan sejumlah penelitian menyebut jika ibadah puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh. "Sebaliknya, belum ada studi yang menyatakan berpuasa meningkatkan risiko infeksi Covid-19," kata Budiningsari pada Jumat (24/4/2020).

Menurutnya, sistem kekebalan tubuh sangat dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas asupan gizi. Meski tengah berpuasa, asupan gizi harus tetap terpenuhi supaya terhindar dari virus dan penyakit.

"Orang yang gizinya kurang menjadi rentan terhadap infeksi Covid-19. Sementara, orang dengan gizi baik berpotensi besar tubuhnya mampu mencegah infeksi Covid-19," kata Ketua Prodi Gizi Kesehatan FKKMK UGM ini.

Lebih lanjut, ia menerangkan, dengan berpuasa yang benar selama sebulan penuh dapat memperbaiki jaringan sel-sel yang rusak, kemudian merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel darah putih baru. Kondisi ini akan mendasari regenerasi sistem imunitas, sehingga sistem kekebalan akan memperkuat tubuh dalam menangkal berbagai virus dan penyakit.

Selain meningkatkan imunitas, puasa juga dikatakannya bisa membantu detoksifikasi tubuh. Berbagai racun yang tersimpan dalam tubuh seperti zat adiktif maupun aditif seperti pengawet atau pewarna makanan akan terbantu untuk keluar dari tubuh dengan berpuasa.

Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan DIY ini menyarankan setiap muslim untuk mengonsumsi makanan sehat supaya dapat optimal ketika berpuasa. "Batasi konsumsi gula. Jangan lebih dari 50 gram sehari atau setara dengan 4 sendok makan karena bisa berpengaruh pada sel imun," katanya.

Tak hanya menjaga gizi seimbang, ia juga mengimbau untuk dilakukan aktivitas fisik dengan berolahraga ringan untuk menjaga kebugaran. "Serta hindari stres karena bisa menurunkan imunitas," tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa Virus Corona covid-19

Sumber : Harianjogja.com

Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top