Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bisa Nikmati Museum Singapura Pakai ArtScience at Home

ArtScience at Home terus mendukung seniman selama waktu masa pandemi Virus Corona.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 29 April 2020  |  22:12 WIB
Pengunjung menikmati lukisan di Musem Macan. - Intagram @museummacan
Pengunjung menikmati lukisan di Musem Macan. - Intagram @museummacan

Bisnis.com, JAKARTA – ArtScience Museum, Marina Bay Sands Singapura meluncurkan ArtScience at Home sehingga masyarakat dari seluruh dunia dapat menikmati karya-karya yang ada di museum melalui jaringan internet di rumah.

Selain menikmati hasil karya museum, pengunjung juga dapat mengikuti berbagai kegiatan edukatif dan kreatif yang dapat dilakukan di rumah, termasuk diskusi online, lokakarya online, dan acara-acara online yang mendukung karya seniman lokal, termasuk konferensi yang akan membahas mengenai berbagai isu yang relevan saat ini.

“ArtScience Museum adalah museum yang selalu membayangkan seperti apa masa depan nanti. Program baru ini memungkinkan kita untuk membayangkan masa depan baru bersama dengan audiens kami yang  ada di Singapura dan audiens kami di seluruh dunia,” ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Rabu (29/4/2020).

Salah satu program dari ArtScience Museum, yaitu ArtScience Late juga akan diluncurkan secara online.  Mulai dari Mei dan seterusnya, ArtScience Museum akan memfasilitasi pertunjukan intim yang dilakukan dari ruang keluarga para musisi dan artis pada hari Kamis ketiga setiap bulan.

ArtScience at Home juga akan memasukan daftar lagu mingguan yaitu ArtScience Late Jams yang akan menampilkan set DJ, lagu yang diproduksi secara lokal dan album indie dari musisi yang sebelumnya menjadi bagian dari ArtScience Late.

Selain itu, ArtScience at Home juga fokus pada pendidikan. Tim Edukasi dari ArtScience Museum  akan mengadakan tur pameran virtual dari 2219: Future Imaged dan FUTURE WORLD: Where Art Meets Science. Tur virtual reguler ini memungkinkan pengunjung online untuk belajar mengenai karya seni, cerita ilmiah dan ide yang dieksplorasi dalam pameran ArtScience Museum.

Tim Edukasi juga akan memberikan serangkaian lokakarya online yang ditujukan untuk keluarga yang ada di rumah karena Circuit Breaker di Singapura, dan berbagai lockdown di seluruh dunia.

Untuk para orang tua  yang mencari ide kegiatan yang aktif, lokakarya online ini mudah diikuti dan  akan memanfaatkan bahan-bahan yang dapat ditemukan dengan mudah di rumah. Tutorial video yang mudah diikuti memungkinkan para keluarga untuk terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan dan mendidik.

Sementara itu, untuk program konferensi online yang pertama diluncurkan di ArtScience Museum bernama Feeling the Future yang akan berlangsung selama beberapa minggu dimulai dari 28 April. Feeling the Future akan menceritakan kapasitas manusia dalam bayangan masa depan di dunia ketika ketidakpastian dan kecemasan menjadi hal yang lazim.

Konferensi ini akan menghadirkan para thought leaders dari Singapura dan seluruh dunia yang akan berbicara tentang berbagai topik dari keberanian emosional dan kesehatan mental, hingga ketahanan sosial dan etika.

Mengawali konferensi online ini adalah Ariel Muller, dari Forum for the Future, yang akan membahas tentang kondisi saat ini dalam situasi COVID-19 serta mengenai bagaimana kita harus bersiap-siap untuk dampak perubahan iklim yang belum datang.

Ringkasan program-program utama online:

Selasa: Pembicaraan Online: Feeling the Future setiap 2 minggu sekali

Kamis: ArtScience Late di Rumah pada Kamis ketiga setiap bulan

Jumat: Tur Pameran Virtual dan Lokakarya Online setiap 2 minggu sekali

Minggu: ArtScience Late Jams di Spotify setiap 2 minggu sekali

ArtScience at Home akan tersedia untuk dilihat di situs web ArtScience Museum mulai 24 April di https://www.marinabaysands.com/museum.html

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapura museum Virus Corona seniman
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top