Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hari Ini Hari Ibu Sedunia, Simak Sejarahnya

Ungkapan kasih sayang dan terima kasih kepada ibu di dunia ditetapkan pada 10 Mei. Ini untuk menghormati perjuangan setiap ibu di dunia.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 10 Mei 2020  |  14:32 WIB
Hari ini Hari Ibu Sedunia. - ilustrasi
Hari ini Hari Ibu Sedunia. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Seorang ibu memiliki peranan yang sangat penting di dalam keluarga, baik untuk anak-anak maupun untuk suami.

Ucapan sayang dan rasa terima kasih kepada ibu bisa disampaikan kapan saja dan dimana saja, tetapi untuk menghormati perjuangannya dan kontribusi ibu, dibuatlah tanggal khusus untuk memperingati Hari Ibu. Hari Ibu Sedunia diperingati setiap hari Minggu kedua di bulan Mei yang tahun ini jatuh pada 10 Mei 2020.

Di Indonesia sendiri, Hari Ibu diperingati setiap 22 Desember, begitu pula dengan negara-negara lain yang memiliki tanggal khususnya seperti Polandia setiap tanggal 26 Mei,  Argentina yang merayakan setiap pekan ketiga pada Oktober.

Seperti dikutip dari Indian Express, perayaan Hari Ibu pertama kali dimulai di Amerika Serikat ketika seorang wanita bernama Anna Jarvis ingin merayakan hari itu karena ibunya sendiri yang menyatakan keinginannya.

Ketika ibunya meninggal, Jarvis berinisiatif mengadakan memorial untuk ibunya pada tahun 1908, tepat tiga tahun setelah kematian sang ibu pada 1905. Memorial dilakukan di Gereja Methodist St Andrew di Virginia Barat.

Meskipun dia sendiri tidak hadir, tetapi dia telah mengirimkan telegram kepada para hadirin yang menyoroti pentingnya hari itu. Selain itu, Jarvis juga mengirimkan mereka sebanyak lima ratus anyelir putih.

Saat pertama kali dirayakan pada 1908, Kongres Amerika Serikat menolak proposal untuk menjadikan Hari Ibu sebagai hari nasional. Namun, pada 1911, seluruh negara bagian di Amerika Serikat telah menjadikan Hari Ibu sebagai hari libur.

Pada tahun 1914, Presiden Amerika Serikat saat itu, Woodrow Wilson, menandatangani deklarasi untuk menetapkan Hari Ibu sebagai hari libur nasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hari ibu
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top