Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mahasiswa Indonesia Menangi Kompetisi Akuntan Skala Internasional

Mahasiswa Indonesia berhasil memenangkan ajang kompetisi The Institute of Chartered Accountant in England and Wales (ICAEW) yang bertajuk China and South-East Business Challenge 2020.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 19 Mei 2020  |  17:44 WIB
Mahasiswa pemena8ng kompetisi akuntan
Mahasiswa pemena8ng kompetisi akuntan

Bisnis.com, JAKARTA – Mahasiswa Indonesia berhasil memenangkan ajang kompetisi The Institute of Chartered Accountant in England and Wales (ICAEW) yang bertajuk China and South-East Business Challenge 2020.

Adapun Trisakti School of Management melalui Tim Sixpact merupakan perwakilan Indonesia sebagai peraih gelar Regional Grand Champion.

Ketua tim Sixpact dan mahasiswa Trisakti School of Management, Kevin Edrick Yangrico mengatakan bahwa berpartisipasi dalam ICAEW China and South-East Asia Business Challenge telah memberikan pengalaman dan wawasan yang sangat berharga bagi dia dan timnya.

“Kompetisi ini tidaklah mudah, tetapi tim kami berhasil mengatasi semua hambatan selama kompetisi. Sebuah kehormatan bagi kami karena telah dinobatkan sebagai Juara Grand Regional dalam kompetisi ini. Kedepan, kami akan terusberpartisipasi dalam berbagai kompetisi mahasiswa yang digelar oleh ICAEW,” ujarnya lewat rilis resminya, Senin, (18/5).

Dia pun menegaskan bahwa kemenangan ini merupakan hadiah yang membanggakan ditengah pandemi Covid-19. “Hadiah kemenangan ini kami persembahkan untuk Indonesia, almamater dan juga keluarga kami. Melalui kemenangan ini, kami berharap dapat memberikan motivasi kepada anak-anak muda Indonesia lainnya khususnya para akuntan muda untuk mau dan semangat dalam mengikuti berbagai kompetisi. Tampilkan yang terbaik, tunjukkan kemampuan melalui berbagai ajang kompetisi, baik lokal maupun nasional, termasuk kompetisi ICAEW Business Challenge,” tutupnya.

Sebagai informasi, Grand Final yang telah diadakan selama enam tahun berturut- turut tersebut dikemas secara daring untuk pertama kalinya tahun ini, di mana menampilkan 12 tim finalis dari Cina, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura dan Vietnam.

Kompetisi regional yang disponsori oleh Deloitte Southeast Asia dan Maybank Group tersebut bertujuan untuk menentukan dan mengembangkan generasi pemimpin bisnis regional masa depan.

Kedua belas tim finalis merupakan para pemenang kompetisi tingkat nasional di negaranya masing-masing (pra-seleksi) di awal tahun ini, yang telah dipilih melalui persaingan secara ketat dengan berbagai tahap pengujian mulai dari pengetahuan komersial, bakat hingga kompetensi bisnis.

Di tahap Grand Final, seluruh tim bersaing secara virtual dengan melakukan presentasi yang menunjukan kemampuan beradaptasi dan berkomunikasi serta kerja sama dalam tim.

Pada tahap ini, para peserta mendapatkan peran sebagai penasihat bisnis yang ditugaskan untuk menganalisa kasus bisnis dan memperesentasikan solusi bisnisnya dihadapan panel juri.

Panel juri tahun ini terdiri dari para eksekutif dan pimpinan senior di bidang akuntansi, bisnis dan profesi keuangan dari enam negara, terutama anggota ICAEW Chartered Accountants, seperti Mark Billington FCA BFP, Regional Director, ICAEW Greater China and South-East Asia dan Hoa Nguyen ACA BFP, Senior Manager Financial Advisory Delloite Southeaset Asia.

Lebih lanjut, melalui platform virtual, tim Sixpact yang terdiri dari 6 mahasiswa jurusan akuntansi Trisakti School of Management--yaitu Kevin Edrick, Dahlia Gunawan, Rohan, Nina, Leonardo Kevin dan Alfredo Arinda-- berhasil memenangkan hati para juri dengan penampilan mengesankan atas presentasi, ketrampilan analitis dan kecerdasan bisnis yang ditunjukkan.

Atas keberhasilan yang dicapai tersebut, mereka berhak memperoleh sebuah trofi eksklusif serta paket perjalanan gratis ke London, termasuk kunjungan ke kantor pusat ICAEW yang ikonik, Chartered Accountants’ Hall.

Kemenangan yang diraih tim Sixpact tahun ini telah menempatkan Indonesia sebagai juara Grand Final ICAEW China and South-East Asia Business Challenge selama tiga tahun berturut turut sejak tahun 2018.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

akuntan mahasiswa
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top