Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lebaran di Rumah Saja, ini Rekomendasi Kegiatan Seru

Biasanya libur Lebaran diisi bersilaturahmi dengan keluarga besar, tetangga, dan teman dekat.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 24 Mei 2020  |  13:40 WIB
Berkebun jadi solusi mengisi kegiatan di hari libur. - Istimewa
Berkebun jadi solusi mengisi kegiatan di hari libur. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Raya Idulfitri adalah momen yang ditunggu-tunggu umat Islam. Biasanya libur Lebaran diisi bersilaturahmi dengan keluarga besar, tetangga, dan teman dekat.

Namun, di tengah pandemi masyarakat tidak dianjurkan untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun jangan khawatir, Lebaran di rumah tetap bisa asyik dan bermakna bersama keluarga inti.

Berikut beberapa ide aktivitas seru yang bisa dilakukan saat Lebaran di rumah saja.

1. Bersilahturahmi dengan Video Call

Meskipun terpisah jarak dengan anggota keluarga, teman dekat dan kerabat di lebaran kali ini namun jangan sampai hal ini memutus tali silaturahmi.

Anda tetap bisa bersilaturahmi menyambut tanpa harus keluar rumah dengan menggunakan video call. Cukup dengan smartphone atau laptop dan aplikasi video call yang tersambung internet. Maka silaturahmi tetap terjaga.

2. Memasak Bersama

Tidak ada salahnya merayakan datangnya hari kemenangan dengan memasak bersama keluarga. Banyak menu khas Lebaran seperti ketupat, hingga memasak makanan favorit salah satu anggota keluarga. Aktivitas ini bisa dilakukan bersama sambil mengobrol dan lebih mengenal satu sama lain.

Selain hidangan Lebaran, Anda juga bisa membuat kue. Kegiatan ini lebih aman dan cocok untuk menyertakan anak Anda. Aktivitas lain adalah dekorasi kue sebafai sarana untuk menyalurkan kreativitas.

Pastinya, setelah memasak kue jangan lupa dinikmati bersama hasil jerih payahnya. Rasa manis kue bisa meningkatkan mood kita dan membuat semua orang senang, terutama anak-anak.

3. Membuat Bioskop Keluarga

Momen Lebaran adalah waktu yang tepat untuk menonton film religi secara streaming. Tidak perlu ke mal, Anda bisa membuat ruangan seakan berada di bioskop.

Matikan seluruh lampu, tutup tirai jendela, dan siapkan camilan favorit untuk dinikmati bersama film. Enaknya nonton di rumah kamu bisa movie marathon sambil ngobrol bersama di ruang keluarga tanpa mengganggu orang lain.

4. Bermain Gim di Rumah

Bersama dengan anggota keluarga, Anda m bisa mengunduh berbagai game gratis yang dimainkan bersama banyak. Bermain game bersama keluarga ini bisa secara offline maupun online. Gaming bisa menyulap suasana membosankan menjadi lebih hangat dan meriah. Mungkin saja aktivitas ini membuat kamu semakin dekat dengan keluarga.

5. Piknik di Halaman Rumah

Untuk merasakan nikmat Lebaran, meski hanya di rumah saja Anda bisa menciptakan suasana liburan. Caranya, membuat piknik di halaman atau lapangan rumah.

Sekali-kali merubah suasana dan pemandangan untuk menghindari Lebara menjadi jemu. Jangan lupa menyiapkan aneka ragam makanan untuk dinikmati dengan cuaca cerah dan udara segar. Tambahkan iringan lagu untuk memberikan nuansa ria.

6. Board Game

Selain dengan cara berpiknik di rumah, aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah memainkan koleksi mainan board game. Beberapa board game populer antara lain twister, jenga, dan monopoli.

Anda juga bisa menyiapkan permainan kartu di rumah jika sewaktu-waktu terserang rasa bosan memainkan game yang sama. Board game juga cocok dimainkan oleh semua usia sehingga seluruh anggota bisa diajak main. Tidak perlu ada yang merasa ditinggalkan dengan aktivitas ini.

7. Karaoke Bersama Keluarga

Karaoke merupakan salah satu aktivitas Lebaran yang bisa dilakuka. bersama-sama. Anda hanya perlu menyiapkan mic karaoke portable dan setelan lagu karaoke tanpa lirik.

Banyak pilihan lagu ini bisa Anda cari di YouTube dengan gratis. Sekalian juga cari tahu siapa diantara kalian yang berbakat menyanyi.

8. Berkebun di Taman Rumah

Anda juga bisa meningkatkan waktu berkualitas bersama keluarga dengan menanam tanaman sendiri di rumah. Anda bisa memanfaatkan taman kecil di rumah untuk melakukan gardening alias berkebun. Lokasi lain adalah di teras rumah dengan mengandalkan pot.

Tanamlah tumbuhan berbunga yang indah atau bisa juga tanaman obat keluarga agar hasilnya bisa Anda petik di kemudian hari.

Nah, menarik bukan? Siapa bilang Lebaran di rumah saja itu menyedihkan dan membosankan. Mari buat Lebaran tahun ini makin berkualitas dibandingkan Lebaran yang telah lalu. Selamat Idulfitri!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah lebaran idulfitri
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top