Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ingin Rumah Lebih Nyaman? Buatlah Ruang Hijau

Di lain sisi, keterbatasan ruang mungkin menjadi tantangan untuk meningkatkan kenyamanan ruang. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan agar suasana hunian tetap nyaman, salah satunya adalah dengan menambah penghijauan di dalam rumah.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  16:27 WIB
Kebun rumah
Kebun rumah

Bisnis.com, JAKARTA -- Salah satu tantangan bekerja dari rumah adalah selain koneksi dan ketersediaan alat kerja juga kondisi ruang tempat kita bekerja.

Memahami bahwa tidak semua pekerja memiliki keleluasaan yang sama untuk bekerja dari rumah, tentunya ada beberapa di antara kita yang merasa jenuh dan terdemotivasi, tidak sedikit pula yang menjadi stress.

Menurut arsitek Cosmas Gozali, pandemi Covid-19 telah menyadarkan kita bahwa faktor kenyamanan menjadi sangat penting ketika kegiatan sehari-hari sekarang sebagian besar dilakukan dari rumah.

Di lain sisi, keterbatasan ruang mungkin menjadi tantangan untuk meningkatkan kenyamanan ruang. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan agar suasana hunian tetap nyaman, salah satunya adalah dengan menambah penghijauan di dalam rumah.

"Manusia sangat terikat dengan alam sehingga ketesediaan ruang terbuka atau taman di dalam rumah cukup penting. Cukup satu atau dua pohon untuk memberikan kenyamanan yang lebih dan membuat manusia betah di rumah," ujar Cosmas pada kesempatan diskusi yang ditayangkan secara langsung melalui akun instagram Bisnis Indonesia, Rabu (3/6).

Dengan ruang yang mungkin terbatas, dia menambahkan bahwa taman atau di dalam rumah tidak perlu besar-besar. Anda dapat memanfaatkan sudut ruang yang terkena cahaya matahari dan kemungkinan terlihat langsung dari tempat Anda banyak menghabiskan waktu.

Penghijauan di dalam rumah dapat juga dilakukan dengan meletakkan beberapa tanaman hias. Tanaman hias umumnya menjadi pilihan tepat untuk dekorasi kamar. Tetapi tanaman hias dapat digunakan sebagai penyaring udara, terlebih untuk hunian yang tidak memiliki banyak bukaan.

Hal ini karena tanaman melepaskan oksigen dan menyerap karbon dioksida. Tanaman hias juga dapat menghilangkan senyawa organik yang mudah menguap seperti yang berasal dari asap rokok, vinil, tas belanjaan, dan barang-barang rumah tangga lainnya.

Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas visual ruangan.

Tentu saja bunga di sekitar rumah Anda dapat memberi warna, tetapi tanaman hijau yang lebih sederhana juga dapat membantu ruangan terlihat lebih bersih dan lebih tertata.

"Di tengah kondisi serba terbatas seperti sekarang, ini adalah cara paling sederhana untuk memperbaiki kondisi hunian," kata Cosmas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah perkebunan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top