Ilustrasi/Dailyurbanista
Relationship

11 Cara Mengatasi Rasa Takut Menemukan Pasangan Hidup

Novita Sari Simamora
Kamis, 4 Juni 2020 - 16:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda sedang single dan tidak memiliki teman kencan karena adanya ketakutan dalam pikiran, maka Anda harus segera mengatasinya.

Memang tidak mudah untuk menghilangkan rasa takut dalam menemukan cinta sejati. Namun, Anda harus segera bergegas untuk mencari penyebabnya.

Berikut 11 tips mengatasi rasa takut dalam menemukan cinta sejati:

1. Cari tahu apa yang ada di balik ketakutan itu

Apa yang sebenarnya kamu takutkan? Apakah Anda takut kehilangan belahan jiwa atau putus cinta? Apakah Anda takut hati Anda hancur? Cari tahu apa penyebabnya, sehingga Anda bisa mengatasinya.

2. Cobalah untuk melihat pasangan Anda apa adanya

Lihatlah pasangan baru Anda sebagai seseorang yang memiliki hati, pikiran dan kepribadian. Belajar menerima pasangan Anda apa adanya.

Perlakukanlah pasangan Anda, seperti memperlakukan diri sendiri. Perlakukan mereka seperti apa adanya dirimu.

Tanda Hubungan Cinta tapi Benci - Lifestyle Bisnis.com
Tanda Hubungan Cinta tapi Benci - Lifestyle Bisnis.com

3. Situs Kencan

Ada situs kencan yang memiliki pelatih hubungan percintaan. Ini akan membantu Anda untuk memahami situasi dan membantu Anda mencapai apa yang Anda inginkan. Mereka membantu Anda melalui situasi cinta yang rumit dan sulit seperti menguraikan sinyal campuran, mengatasi putus cinta, atau hal lain yang Anda khawatirkan.

4. Jangan percaya pada self-talk negatif Anda

Jika Anda merendahkan diri sendiri tentang hubungan asmara, seperti berpikir bahwa Anda tidak cukup menarik untuk dicintai, maka Anda merusak diri sendiri. Cobalah untuk membungkam suara negatif itu dengan tidak memberinya perhatian. Itu hanya rasa takutmu yang berbicara.

5. Percayalah pada diri sendiri 

Anda bisa saja merasa takut saat menjalin hubungan karena takut terluka, tetapi Anda tidak bisa mengendalikan apa yang orang lain lakukan terhadap Anda. Namun, Anda dapat mengontrol bagaimana cara bereaksi.

Jika seseorang menipu Anda atau menciptakan hal buruk terjadi pada pada Anda. Apa yang harus Anda lakukan? Percayalah bahwa pengalaman buruk itu akan berakhir. Anda tidak perlu menyimpan hal negatif tersebut dalam hati. Ingat, mereka/dia hanya bisa menyakitimu sekali.

4 Cara Mencegah Sahabat jadi Cinta - Lifestyle Bisnis.com
4 Cara Mencegah Sahabat jadi Cinta - Lifestyle Bisnis.com

6. Ceritakan kepada mereka tentang kebutuhan Anda

Anda mungkin memiliki ketakutan saat menjalin hubungan asmara, karena Anda tidak ingin hubungan itu mengambil alih seluruh hidup Anda. Itu ketakutan yang sah, tetapi Anda tidak harus membiarkannya menggerogoti Anda.

Bicaralah tentang kebutuhan Anda sejak dini ketika bertemu seseorang sehingga kekasih tahu tentang Anda. Misalnya, berapa banyak waktu yang ingin Anda luangkan untuk berduaan, berapa banyak waktu yang ingin Anda persembahkan untuk aspek kehidupan lain Anda.

7. Atasi ketakutan akan keintiman

Sejak awal dalam hubungan, kita semua ingin dilihat sebagai sosok yang terbaik oleh pasangan.

Jangan pernah takut dan khawatir bila tidak disukai oleh orang lain karena ketidaksempurnaan. Namun, ada juga yang lebih suka menyendiri dan berusaha terlihat sempurna dari jauh. Namun, ingatlah, itu tidak akan terasa enak sama sekali. Kesempurnaan itu membosankan.

8. Berhentilah memikirkan cinta sebagai lotre

Dalam pikiran Anda, sangat jarang ada pasangan berbahagia di dunia ini. Lalu, Anda berpikir peluang untuk memiliki hubungan yang sukses sangat rendah, maka hal tersebut adalah tidak baik.

Bisa saja, Anda baru saja menghabiskan terlalu banyak waktu di sekitar pasangan yang tidak bahagia atau mendengar cerita tentang patah hati.

Isilah hidup Anda dengan lebih banyak kisah positif dan Anda akan melihat bahwa cinta ada di sekitar Anda. Dan ingat, jika Anda ingin cinta agung Anda setidaknya harus mencoba untuk mendapatkannya.

 

6 Tanda Si Dia Tak Berniat Nikahi Anda - Lifestyle Bisnis.com
6 Tanda Si Dia Tak Berniat Nikahi Anda - Lifestyle Bisnis.com

9. Anda takut tidak punya waktu

Jika Anda benar-benar sibuk di tempat kerja dan khawatir ini menjadi kendala Anda untuk memiliki hubungan yang bahagia, lantas apakah Anda yakin tidak ingin bergaul dengan seseorang?

Jangan biarkan hal itu menghalangi Anda. Anda jangan memikirkan semuanya, apa pun yang dikatakan orang.

10. Berhentilah khawatir bahwa Anda tidak akan menemukan pasangan yang sempurna

Pasangan sempurna sedang berada di luar sana, Anda bisa saja menemukan dengan cara yang tidak pernah terpikirkan.

Namun, dia mungkin akan mengejutkanmu dengan betapa menakjubkannya dia! Jadi, jangan terjebak dalam pemikiran bahwa Anda perlu menemukan seseorang yang persis sama dengan Anda, atau seseorang yang cocok dengan semua poin dalam daftar impian Anda. Mungkin banyak dari poin-poin itu bahkan tidak penting.

11. Jangan takut berubah

Ya, Anda akan berjuang untuk mempertahankan siapa diri Anda saat Anda menemukan hubungan yang layak untuk dibawa ke dalam pernikahan. Bagus untukmu. Jujur saja, hidupmu akan sedikit berubah ketika kamu membiarkan cinta masuk.

Namun, itu tidak harus menjadi hal yang buruk. Pikirkan semua hal hebat yang bisa datang darinya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bolde
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro