Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jangan Dibuang, Ini 6 Cara Manfaatkan Kulit Buah

Selain mengonsumsi buah jeruk dan pisang, ternyata kulit buahnya memiliki khasiat untuk merawat dan membersihkan.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 09 Juni 2020  |  14:08 WIB
Pisang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan - Istimewa
Pisang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Ada ragam manfaat yang bisa diambil dari sisa kulit buah misalnya, kulit jeruk, kulit lemon, kulit pisang, dan kulit jeruk Bali.

Dikutip dari Insider, Selasa (9/6/2020) biasanya kulit buah dibuang sesudah Anda mengupas buah untuk dimakan atau Anda buat menjadi jus buah. Namun jika harus membuang sisa kulit begitu saja, Anda sebenarnya masih bisa memanfaatkan limbah tersebut.

Berikut adalah 6 cara cerdas untuk Anda memanfaatkan kulit buah

1. Bersihkan dapur dan rumah dengan kulit lemon

Tingginya kadar asam sitrat dalam buah lemon dengan aroma yang segar dari buah ini sangat tepat bagi Anda memanfaatkannya untuk membersihkan dapur atau kamar mandi. Pakailah kulit lemon untuk mengusap bagian rumah yang terkecil, misalnya pintu kamar mandi, lalu cuci dengan sabun, dan bilas. Anda juga bisa memotong kulit lemon menjadi lebih kecil, lalu diletakkan di bagian dasar tempat sampah untuk mengurangi bau tak sedap. Anda juga bisa meletakkan kulit lemon pada wastafel.

2. Gunakan kulit alpukat untuk menyegarkan kulit Anda

Dibandingkan mengeluarkan uang untuk membeli produk kesehatan sejenis moisturizer alpukat, Anda sebenarnya bisa memanfaatkan kulit alpukat loh. Anda cukup menggosok kulit alpukat pada kulit Anda, diamkan selama lima menit. Kemudian, Anda bulas. Menurut salah satu Majalah Kesehatan Wanita dengan menggosok bagian dalam kulit pada tubuh akan membantu mengelupaskan kulit mati pada tubuh Anda.

3. Sulaplah kulit jeruk menjadi permen dan sirup

Dibandingkan harus membeli permen dengan pemanis buatan, Anda bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk membuat permen sejenis. Banyak resep yang tersedia untuk membuat permen atau sirup dari kulit jeruk, salah satunya dari Food Network.

4. Jadikan sepatu berkilau dengan kulit pisang

Kulit pisang ternyata punya manfaat caranya dengan menggosok kulit pisang pada sepatu. Anda juga bisa menggosok kulit pisang pada tanaman hias Anda. Hasilnya, sepatu dan tanaman hias Anda terlihat lebih bersinar. Secara khusus tanaman Anda pun bisa tumbuh lebih subur karena pisang kaya akan potassium.

5. Sisa kulit jeruk bali bisa dibuat teh

Kajian medis menemukan jeruk Bali memang punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu yang paling utama adalah jeruk bali bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Manfaat ini masih ditambah dengan fakta lain bahwa kulit jeruk Bali bahkan bisa dibuat menjadi teh. Dengan mudah, Anda bisa merebus kulit jeruk ini dalam air selama 15 menit. Setelah itu tambahkan madu, teh pun siap disajikan.

6. Jadikan pupuk kompos

Nah, jika Anda masih kesulitan memanfaatkan banyak kulit sisa buah dan sayuran, daripada langsung dibuang, Anda bisa menjadikan limbah ini sebagai pupuk kompos. Sehingga bisa mengurangi sampah organik di sekitar Anda. Selamat mencoba!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buah kulit tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top