Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Monstera, Tanaman Estetika Berharga Hingga Puluhan Juta Rupiah

Mulai dari kebun di teras rumah, hingga di dalam rumah menjadi tempat sasaran menyimpan koleksi si pecinta tanaman.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 10 Juni 2020  |  16:29 WIB
Tanaman monstera
Tanaman monstera

Bisnis.com, JAKARTA - Buat pecinta tanaman, mencari jenis dan model pepohonan untuk menghiasi rumah pasti merupakan sebuah kepuasan tersendiri.

Mulai dari kebun di teras rumah, hingga di dalam rumah menjadi tempat sasaran menyimpan koleksi si pecinta tanaman.

Tapi, menyimpan tanaman di dalam rumah harus memperhatikan banyak hal. Mulai dari unsur kesehatan hingga estetika.

Ada beberapa jenis tanaman dengan estetika yang cocok ditempatkan di dalam rumah, salah satunya adalah monstera.

Daunnya dengan formasi lubang yang tak biasa, membuatnya dijuluki tanaman Keju Swiss.

Jenis tanaman ini, sempurna untuk setiap ruangan di rumah Anda, karena strukturnya yang tidak terlalu tinggi dan bisa tumbuh dengan baik tanpa cahaya sinar matahari langsung.

Dikutip dari gardenista.com, Monstera adalah tanaman tropis dari keluarga Araceae. Namanya, seperti yang bisa diduga, berasal dari bahasa Latin yang berarti “tidak normal” karena daunnya yang tampak aneh dan berlubang yang sering dilubangi.

Di hutan belantara, Monstera dapat tumbuh menjadi sangat besar: puluhan meter dengan daun yang menyebar hingga hampir dua meter. Varietas yang paling terkenal adalah Monstera Deliciosa, atau Sukun Meksiko, mengacu pada buahnya yang berbentuk tongkol jagung (yang dikatakan rasanya seperti kombinasi nanas, pisang, dan mangga).

Para ilmuwan telah berspekulasi tentang alasan lubang di daun Monstera: Satu teori adalah bahwa perforasi ini memaksimalkan luas permukaan daun, dan karenanya kemampuannya menangkap sinar matahari di lantai hutan hujan; yang lainnya adalah memungkinkan hujan tropis melewati daun, sehingga membatasi kerusakan pada tanaman. Ini menjelaskan nama lain Monstera: Hurricane Plant.

Cukup dengan jenis dan kelebihan dan kekurangan tanaman ini. Lantas bagaimana dengan harganya? Monstera merupakan salah satu jenis tanaman yang harga jualnya bisa mencapai puluhan jutaan.

Di beberapa toko tanaman online, harga jual yang ditawarkan bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga 10 juta rupiah. Harga tersebut tergantung dari usia, kesuburan tanaman tersebut.

Tips menanam monstera

1. Monstera membutuhkan banyak ruang: Letakkan di tempat pembuatan pernyataan di ruang tamu, bukan di sudut yang sempit atau di ambang jendela.

2. Monstera dapat menumpang tumbuh pada tanaman atau merambat lain sehingga cobalah buat teralis atau tiang di sekitarnya untuk menjaga pertumbuhannya.

3. Rajin-rajinlah memotongnya agar tetap tumbuh dengan baik.

4. Berikan keseimbangan antara suhu matahari dan dalam ruangan. Jika Monstera diberi terlalu banyak sinar matahari, daunnya akan menguning. Jika dibiarkan dalam kegelapan, tanaman akan menunjukkan sesuatu yang disebut fototropisme negatif, di mana dedaunan baru tumbuh menuju kegelapan, bukan pada cahaya.

5. Siram dengan merata seminggu sekaliAir Tunggu sampai tanah cukup kering sebelum disiram lagi. Simpan di lingkungan yang cukup lembab. Untuk mengekang pertumbuhan yang berlebihan, hindari pot dan pangkas secara teratur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hobi tanaman hias
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top