Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Alpukat Menyehatkan, Ini 4 Kandungan Gizinya

Alpukat memiliki banyak serat dan manfaat pada kesehatan. Bila mengonsumsi serat yang cukup maka bisa
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Juni 2020  |  06:36 WIB
Buah alpukat - healthylive.ca
Buah alpukat - healthylive.ca

Bisnis.com, JAKARTA - Buah Alpukat dikenal sebagai superfood karena kaya nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu nutrisi dalam alpukat adalah lemak.

Perlu diketahui bahwa, alpukat juga kaya nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Alpukat cenderung aman untuk dikonsumsi oleh setiap orang.

Namun, orang-orang yang memiliki sindrom iritasi usus sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi buah ini karena berpotensi menimbulkan masalah, seperti diare, kembung, perut bergas, kram perut, atau bahkan sembelit. Selain itu, pastikan Anda menyesuaikan asupan alpukat berdasarkan aktivitas harian Anda dan berapa kalori yang Anda butuhkan dalam sehari.

Berikut adalah sejumlah kandungan alpukat yang bermanfaat bagi tubuh

1. Lemak

Kandungan alpukat yang pertama adalah lemak, tepatnya asam lemak tak jenuh tunggal. Jenis asam lemak yang paling melimpah di dalam buah ini adalah asam oleat, yang juga merupakan komponen utama minyak zaitun.

Asam lemak tak jenuh tunggal dari sumber nabati seperti alpukat, disebut-sebut sebagai lemak baik karena dapat melindungi tubuh dari peradangan, penyakit jantung, dan diabetes. Kandungan alpukat ini juga mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Sebuah alpukat setidaknya mengandung sekitar 4 gram lemak jenuh, 3,6 gram lemak tak jenuh ganda, 20 ghram lemak tak jenuh tunggal, dan 30 gram lemak. Sebagian besar kalori di dalam alpukat berasal dari lemak.

2. Karbohidrat

Kandungan alpukat yang tidak kalah menarik adalah karbohidrat. 100 gram alpukat hanya mengandung setidaknya 1,8 gram karbohidrat. Alpukat juga merupakan buah yang mengandung paling sedikit gula dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

Karena kadar gulanya yang rendah, alpukat juga cenderung memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Oleh karena itu, alpukat dikategorikan sebagai buah yang sehat karena hanya sedikit meningkatkan kadar gula jika dikonsumsi.

3. Serat

Di dalam 100 gram alpukat juga terkandung setidaknya 6 gram serat. Jumlah ini cukup tinggi, bahkan dapat memenuhi sekitar 24 persen kebutuhan serat harian yang direkomendasikan. Kandungan seratnya bahkan memenuhi sekitar 70 persen bagian dari buah ini.

Dengan mengonsumsi banyak serat, Anda dapat mengatur nafsu makan, memberi makan bakteri baik dalam usus, dan mengurangi risiko beragam penyakit; seperti stroke, diabetes, jantung, obesitas, hingga depresi.

4. Vitamin dan mineral

Kandungan alpukat lainnya yang tidak kalah menarik adalah ragam vitamin dan mineralnya. Dalam 68 gram (sekitar setengah cangkir) alpukat saja, Anda sudah dapat memberikan jumlah kalium yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 345 miligram.Selain itu, alpukat juga mengandung 19 miligram magnesium dan 5 miligram sodium.

Soal vitamin, alpukat memiliki kandungan vitamin A sebanyak 43 mikrogram, 14 mikrogram vitamin K, 1,3 miligram vitamin E, dan 0,2 miligram vitamin B.Alpukat juga mengandung folat, tembaga, vitamin C, vitamin B3, B5, B12, zinc, kolin, dan vitamin D. Banyaknya vitamin dan mineral yang terkandung dalam alpukat tentunya bermanfaat bagi tubuh Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buah tips sehat alpukat
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top