Vitamin C/ilustrasi
Health

Berapa Kebutuhan Vitamin C Tubuh di Tengah Pandemi Virus Corona?

Rezha Hadyan
Jumat, 19 Juni 2020 - 17:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Suplemen makanan, terutama yang mengandung vitamin C menjadi salah satu barang buruan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Bahkan harganya sempat melambung lantaran keterbatasan stok diiringi tingginya permintaan masyarakat. Mereka yang sebelumnya tak mengonsumsi suplemen makanan akhirnya ikut mengonsumsi dengan dalih meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terpapar Covid-19.

Apakah memang suplemen makanan sedemikian ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh?

Head of Medical Management Good Doctor, Adhiatma Gunawan mengatakan suplemen makanan memang mampu memberikan manfaat bagi tubuh, terutama untuk menjaga daya tahan dari berbagai penyakit. Namun, manfaatnya menjadi hilang apabila tidak diiringi oleh pemenuhan nutrisi harian yang baik.

"Kalau nutrisi sehari-hari sudah baik ya sebenarnya tidak [dikonsumsi] juga tidak apa-apa. Tapi kalau [asupan] nutrisi harian berantakan hanya mengandalkan suplemen makanan itu jadi masalah," katanya dalam bincang-bincang daring bersama Bisnis pada Jumat (19/6/2020).

Adapun, untuk kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi, menurut Adhiatma cukup penuhi seluruh  makronutrien seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak. Tentunya semua harus seimbang.

Kemudian yang tak kalah penting untuk menjaga daya tahan tubuh adalah istirahat dan olahraga yang cukup. Dia menyebut banyak masyarakat urban yang nutrisinya sudah sangat baik tetapi kurang berolahraga dan waktu istirahatnya jauh dari kata ideal.

Alhasil, daya tahan tubuh menjadi kurang baik dan rentan terpapar penyakit. "Olahraga harus cukup, istirahat juga penting. Sekarang banyak kan yang waktu istirahat malah digunakan marathon film sampai subuh," ujar Adhiatma.

Kurangnya waktu istirahat menurutnya juga berimplikasi pada produktivitas. Alih-alih mampu mengerjakan banyak hal pada pagi hingga sore hari, justru lemas dan sulit berpikir.

"Saat bekerja jadi banyak melakukan kesalahan juga. Ini kan tidak baik. Sudah tidak sehat kena marah juga pastinya kan dari atasan buat kalian yang bekerja," selorohnya.

Sementara itu, terkait dengan suplemen makanan Ahli Gizi dr. Tan & Remanlay Institute dr. Tan Shot Yen punya pandangan berbeda. Dia menilai suplemen makanan, khususnya vitamin C sama sekali tidak diperlukan oleh tubuh orang yang sehat.

"Makan buah, [suplemen makanan] tablet hanya untuk pasien. Buah tidak hanya vitamin C, serat tidak larut adalah prebiotik dalam usus besar. Prebiotik subur, imunitas meningkat," katanya ketika dihubungi oleh Bisnis pada Jumat (19/6/2020).

Kemudian khusus untuk vitamin C, menurut Tan suplemen makanan yang beredar di pasaran kandungan vitamin C-nya terlampau tinggi dari kebutuhan harian yang ideal.

Kebanyakan suplemen makanan mengandung vitamin C lebih dari 100mg. Padahal kebutuhan harian vitamin C harian untuk laki-laki dan perempuan dewasa masing-masing hanya 90mg dan 75mg.

"Khusus untuk ibu hamil 85mg, menyusui 120mg, bagi mereka yang merokok ditambah 35mg lagi dari kebutuhan normal," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro