Dokter patologi klinik menunjukkan cara kerja alat Polymerase Chain Reaction (PCR) di Ruang Ektraksi DNA dan RNA Laboratorium Mikrobiologi RSUD Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (20/6/2020)./ANTARA-Umarul Faruq
Health

Musim Panas Bisa Tingkatkan Risiko Penularan Covid-19, Waspadalah!

Newswire
Rabu, 24 Juni 2020 - 13:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjalankan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19 tetap harus diperhatikan walau musim panas segera tiba. 

Sebagian orang yang tinggal di wilayah yang sudah memasuki musim panas dan menghadapi pandemi Covid-19 tetap harus mewaspada kondisi kesehatan.

Penting dicatat bahwa cuaca panas bisa memperburuk situasi pasien Covid-19, bahkan dapat meningkatkan kemungkinan penularan ketika orang-orang berkumpul di luar ruangan.

Para pakar kesehatan seperti dilansir Xinhua mengingatkan masyarakat agar selalu mengenakan masker saat berada di luar ruangan. Masker bisa dipilih dari bahan yang ringan dan memudahkan bernapas, misalnya masker bedah atau masker kain berbahan katun.

Pakailah masker di dalam ruangan jika pengaturan jarak fisik dan sosial tidak dimungkinkan. Tetaplah berusaha menjaga jarak fisik dan sosial dengan orang lain.

Untuk mengurangi potensi penyebaran virus melalui udara atau aerosol, Global Heat Health Information Network (GHHIN), menyarankan semua sistem ventilasi dan pendingin udara diperiksa, dirawat, dan dibersihkan secara teratur untuk mencegah penularan.

"Bahkan di lingkungan yang berventilasi baik, orang harus terus mengikuti rekomendasi jarak fisik dan menjaga kebersihan tangan," kata pihak GHHIN yang juga menyarankan suhu ruangan sebaiknya diatur 24-27 derajat Celcius untuk pendinginan.

GHHIN adalah forum independen ilmuwan, praktisi dan pembuat kebijakan,

Selain itu, perhatikan masalah usia, kondisi medis yang sudah ada sebelumnya dan faktor-faktor lain dapat meningkatkan kerentanan orang terhadap panas ekstrem, kata jaringan yang dipelopori oleh WHO dan WMO itu.

Hal lain yang tak kalah penting, penuhilah asupan gizi melalui makanan sehat dan cukupilah kebutuhan hidrasi tubuh demi mencegah dehidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro