Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Covid-19: Kelola Stres, Agar Imunitas Tubuh Kuat

Stres bisa menyebabkan penurunan daya imun tubuh sehingga virus Corona bisa mudah menginfeksi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  14:30 WIB
Stres bisa menyebabkan penurunan daya imun tubuh sehingga virus Corona bisa mudah menginfeksi. - Reuters/Paul Hackett/Ilustrasi
Stres bisa menyebabkan penurunan daya imun tubuh sehingga virus Corona bisa mudah menginfeksi. - Reuters/Paul Hackett/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Mengelola stres merupakan salah satu cara untuk menjaga daya tahan atau imunitas tubuh. Dengan imunitas yang terjaga, infeksi virus Corona jenis baru penyebab Covid-19 bisa dihindari.

Ketua Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) dr Moh. Adib Khumaidi, Sp.OT mengajak masyarakat untuk dapat mengelola stres dengan baik. 

"Cara menjaga daya tahan tubuh, salah satunya kita benar-benar cukup istirahat dan bisa mengelola stres," kata Adib dalam seminar virtual di  Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Adib mengatakan mengelola stres dapat dilakukan dengan meluangkan waktu untuk melakukan perawatan diri dan kegemaran seperti membaca buku.

Menurut Adib harus ada relaksasi yang membuat diri nyaman dan tenang. "Kalau kita terlalu stres, maka kita rentan terkena penyakit," ujarnya.

Menyikapi normal baru atau new normal Adib mengatakan tidak perlu panik dengan melakukan reaksi berlebihan karena dapat mempengaruhi daya tahan tubuh.

Selain melakukan protokol kesehatan, kata dia, masyarakat harus senantiasa menjaga pola hidup sehat dan bersih serta memperkuat daya tahan tubuh.

"Menjaga daya tahan tubuh harus dilakukan terus menerus," kata Adib.

Adib berbagi kiat untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh, yakni:

  • cukup istirahat dengan durasi 7-9 jam tiap malam
  • mengelola stres
  • makan makanan bergizi termasuk sayuran dan buah-buahan yang kaya nutrisi
  • berolahraga
  • tidak bekerja berlebihan sampai melewatkan istirahat di malam hari

Disebutkan Adib, penurunan sistem imun tubuh dapat dikenali dari tanda-tanda seperti flu, demam dan batuk yang sering, kelelahan kronis, alergi musiman atau asma, kadar gula darah tinggi, kesulitan bangun di pagi hari, konstipasi atau sembelit, sensitif terhadap banyak makanan, serta sulit tidur.

Adapun hal-hal yang dapat melemahkan daya tahan tubuh antara lain merokok, stres, kurang olahraga atau kurang gerak, diet tidak sehat sampai dehidrasi, terlalu capek, serta kurang tidur.

"Hal-hal yang dapat membuat sistem imunitas menurun tersebut harus dihindari agar tubuh tidak rentan terhadap penyakit," ujar Adib.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stres covid-19 Imunitas tubuh

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top