Anak main gadget/lifehacker
Health

Kapan Waktu yang Tepat Berikan Gadget pada Anak?

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 9 Juli 2020 - 12:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Memberikan batasan-batasan yang wajar seputar teknologi menjadi bagian mendasar dari pengasuhan anak.

Yang paling penting: kapan memberi anak perangkat mereka sendiri. Ini bukan sesuatu yang bisa dianggap enteng.

Firma analisis Flurry mengatakan konsumen Amerika menghabiskan 5 jam sehari di perangkat seluler. Studi lain mengatakan waktu yang dihabiskan dalam aplikasi seluler meningkat 69 persen dari tahun ke tahun.

Mengingat berapa jam sehari otak manusia yang akan tumbuh ini menghabiskan waktu menatap layar itu, ada baiknya memikirkan dengan serius usia berapa yang tepat untuk mendapatkan perangkat seluler.

Dikutip dari inc.com, Kamis (9/7/2020), Menurut penelitian terbaru, rata-rata, seorang anak mendapatkan ponsel cerdas pertamanya pada usia 10,3 tahun.

Studi yang sama menunjukkan bahwa pada usia 12 tahun, 50 persen anak memiliki akun media sosial (terutama Facebook dan Instagram).

Tidak demikian halnya dengan keluarga Gates. Dalam sebuah wawancara dengan The Mirror, Bill Gates mengatakan dia tidak membiarkan anak-anaknya mendapatkan telepon mereka sendiri sampai mereka berusia 14 tahun.

Gates bergabung dalam penilaian ini oleh James Steyer, CEO Common Sense Media, sebuah organisasi nirlaba yang mengulas produk dan konten untuk keluarga.

Di rumah tangga Steyer, anak-anak harus berada di sekolah menengah sebelum mereka bisa mendapatkan telepon setelah menunjukkan bahwa mereka dapat menahan diri dan memahami "nilai komunikasi tatap muka.

Jika Anda sedang mencari cara untuk mengevaluasi tingkat kedewasaan itu, PBS Parents telah membuat daftar pertanyaan praktis untuk ditanyakan kepada diri sendiri sebelum memberikan anak ponsel pertama mereka.

Mereka termasuk hal-hal seperti:
-Apakah anak-anak Anda "perlu" berhubungan dengan alasan keamanan - atau sosial?
-Bisakah mereka mendapatkan di belakang konsep batas untuk pembicaraan menit dan aplikasi diunduh?
-Dapatkah mereka dipercaya untuk tidak mengirim pesan teks di kelas, mengganggu orang lain dengan percakapan mereka, dan menggunakan fungsi teks, foto, dan video secara bertanggung jawab (dan tidak mempermalukan atau melecehkan orang lain)?

Perlu dicatat bahwa bahkan setelah ponsel didistribusikan, keluarga Gates masih membatasi screen time. Perangkat seluler dilarang di meja makan (ini berlaku untuk anak-anak dan orang tua).

Untuk anak-anak yang lebih muda, screen time bahkan lebih terbatas: "Kami sering menetapkan waktu setelah itu tidak ada screen time dan dalam kasus mereka yang membantu [anak-anak] tidur pada jam yang wajar."

Mungkin tidak mengejutkan, ada hal lain yang dilarang keras di rumah tangga Gates: semua produk Apple. Rupanya apa pun smartphone yang dimiliki anak-anak Gates, mereka bukan iPhone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro