Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Manfaat Jeruk Bagi Bayi

Buah jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bayi, seperti meningkatkan daya tahan pencernaan bayi.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 17 Juli 2020  |  17:10 WIB
Jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bayi. - ilustrasi
Jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bayi. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketika bayi Anda mulai tumbuh, Anda mungkin ingin mencoba memberi mereka makanan yang berbeda sesuai selera sebagai pengantar atau hanya untuk melihat bagaimana mereka bereaksi terhadapnya.

Buah mungkin tampak salah satu pilihan terbaik untuk diberikan karena mereka alami dan sehat. Tapi itu tidak selalu seperti itu karena buah-buahan dapat mengandung asam dan minyak yang mungkin atau mungkin tidak dicerna oleh bayi atau menyebabkan reaksi buruk pada waktu-waktu tertentu.

Kapan Bayi Bisa Makan Jeruk?

Dikutip dari parenting.firstcry.com, Jumat (17/7/2020), membuat jus jeruk untuk bayi berusia 6 bulan adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan karena perut mereka yang sensitif mungkin tidak dapat mentolerir kandungan asam dari buah tersebut. Jeruk terutama mengandung asam sitrat yang juga dapat menyebabkan ruam pada bayi yang terlalu muda. Karena itu, yang terbaik adalah memberikan jeruk ketika bayi Anda hampir selesai setahun.

Manfaat Kesehatan Jeruk untuk Bayi yang Luar Biasa. Berikut ini beberapa manfaat pemberian jeruk pada bayi.

  1. Konstitusi Gizi Besar

Jeruk dipenuhi dengan banyak nutrisi, termasuk berbagai mineral dan vitamin. Untuk bayi dan anak-anak, ini sangat diperlukan dan vital dalam tahun-tahun awal perkembangan mereka. Jika bayi tertentu memiliki masalah dalam perkembangan fisik mereka, memberi mereka jus jeruk dapat menambah gizi mereka.

  1. Gangguan pencernaan

Hampir semua bayi dan anak-anak menghadapi gangguan pencernaan lebih sering daripada tidak. Ini terutama disebabkan oleh fakta bahwa sistem pencernaan mereka mulai mendapatkan kekuatan secara bertahap. Konstituen jeruk sangat membantu dalam cara itu karena mereka merangsang proses pencernaan.

  1. Kurangi Sembelit

Pada tahap awal perkembangan, makanan bayi kekurangan serat yang diperlukan untuk buang air besar yang baik. Buah-buahan adalah pilihan yang bagus untuk memberi makan anak-anak ketika harus menghadapi itu. Memberikan jus jeruk untuk sembelit bayi adalah ide bagus karena jeruk mengandung serat yang cukup banyak.

  1. Tulang Kuat

Mengingat banyaknya mineral dan garam dalam jeruk, ini adalah suplemen yang bagus untuk unsur-unsur seperti kalsium dan fosfat. Dengan konsumsi teratur, ia menghindari melemahnya tulang dan pelunakan sendi, yang merupakan kelainan yang timbul tanpa adanya mineral ini, disebut sebagai rakhitis.

  1. Turunkan Kemungkinan Batuk dan Pilek

Pilek dan batuk adalah yang biasanya salah setiap kali bayi Anda jatuh sakit. Solusi tua dan efektif yang baik adalah obat rumahan untuk mencampur jus jeruk dengan sedikit garam dan madu. Ini dikenal sebagai pengobatan yang bagus untuk pilek dan batuk biasa.

  1. Bantuan dari Batuk Rejan

Sangat berbeda dari batuk biasa dan pilek, batuk rejan sakit tenggorokan dan dikenal sangat menular. Pemberian jus jeruk yang diencerkan dengan air dapat membantu mengurangi batuk.

  1. Obat untuk gondong

Meskipun diamati lebih banyak pada anak-anak daripada bayi, gondong, atau parotitis seperti juga diketahui, adalah penyakit virus yang sangat menular. Cara populer mengobati gondong adalah dengan mengonsumsi jus jeruk, ditambah dengan banyak jus buah lainnya. Menggabungkannya setengah dan setengahnya dengan air hangat membawa kelegaan bagi anak.

  1. Pengurangan Diare

Untuk anak kecil dan bayi, diare bisa sangat berbahaya yang menyebabkan banyak dehidrasi dan kehilangan energi. Jus jeruk adalah pilihan terbaik untuk rehidrasi tubuh serta mengembalikan keseimbangan mineral yang hilang. Jus harus diencerkan dengan air sebelum diberikan kepada bayi.

  1. Alternatif Diet Cair Terbaik

Jika anak Anda tidak mengunyah makanan dengan benar saat makan, perut akan gagal mencernanya dengan baik, yang menyebabkan gangguan pencernaan. Dalam kasus seperti itu, anak Anda dapat mengonsumsi jus buah-buahan mentah seperti jus jeruk selama beberapa hari. Saat pergerakan usus pulih, anak dapat melanjutkan diet berbasis buah dan kemudian secara bertahap kembali ke diet biasa.

  1. Membantu Pemulihan Tifoid

Demam tifoid diketahui menghancurkan kekuatan pencernaan seseorang dan menyebabkan sakit perut yang hebat, batuk, sakit kepala, demam, dan sebagainya. Karena perut hanya dapat mencerna jus dan cairan, jus jeruk dapat membantu keduanya dan merupakan salah satu pilihan terbaik untuk memberi anak Anda menderita tifus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bayi tips sehat jeruk
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top