Foto rontgen sinar-X menunjukkan paru-paru yang terinfeksi tuberkulosis./Reuters-Luke MacGregor
Health

Cek Fakta : Pakai Masker Wajah dapat Sebabkan Infeksi Jamur Paru-paru

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 24 Juli 2020 - 07:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telah beredar informasi di media sosial yang mengatakan bahwa memakai masker wajah dapat menyebabkan infeksi jamur pada paru-paru. 

Setelah ditelusuri lebih lanjut, menurut Kominfo faktanya klaim itu salah. Dikutip dari Factcheck.afp.com, seorang Ahli Epidemiologi mengatakan bahwa mengenakan masker wajah tidak akan menyebabkan infeksi jamur pada paru-paru atau membahayakan kesehatan manusia jika ditangani dengan benar.

Selain itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, mengenakan masker wajah untuk waktu yang lama adalah aman selagi pemakai secara teratur mengganti atau mencuci masker mereka jika basah atau kotor.

Dikutip dari alodokter.com, infeksi jamur atau Aspergillosis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh jamur Aspergillus. Penyakit infeksi ini umumnya memengaruhi sistem pernapasan, namun juga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti kulit, mata, atau otak.

Jamur Aspergillus hidup di tanah, pohon, padi, daun kering, kompos, pendingin dan pemanas ruangan, atau tempat yang lembab. Infeksi jamur Aspergillus lebih sering terjadi pada orang dengan sistem imun yang lemah.

Aspergillosis disebabkan oleh jamur Aspergillus yang terhirup ke dalam saluran pernapasan. Di antara banyak jenis jamur Aspergillus, aspergillosis paling sering disebabkan oleh Aspergillus fumigatus atau A. fumigatus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro