Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jangan Takut ke Pasar, Ini Tips Belanja Saat Pandemi Corona

Jangan pernah menyentuh sentuh wajah, mata, hidung dan mulut saat berbelanja. Sesampainya di rumah, segeralah mencuci tangan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  22:46 WIB
Aktivitas jual beli tanpa menerapkan protokol kesehatan di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020). Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mencatat 833 pedagang pasar terjangkit virus corona, 35 di antaranya meninggal dunia. Kasus positif tersebar pada 164 pasar di 24 provinsi dan 72 kabupaten atau kota. ANTARA FOTO - Yulius Satria Wijaya
Aktivitas jual beli tanpa menerapkan protokol kesehatan di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020). Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mencatat 833 pedagang pasar terjangkit virus corona, 35 di antaranya meninggal dunia. Kasus positif tersebar pada 164 pasar di 24 provinsi dan 72 kabupaten atau kota. ANTARA FOTO - Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Di masa adaptasi kebiasaan baru seperti saat ini, meminimalisir bepergian sangat dianjurkan guna mencegah penularan virus corona (COVID-19).

Namun dalam keadaan mendesak, kadang kita harus pergi ke luar rumah untuk berbelanja keperluan rumah.

Jika Anda terpaksa berbelanja ke supermarket atau pasar, berikut sejumlah tips yang bisa diaplikasikan dikutip dari berbagai sumber:

1. Belanjalah hanya untuk keperluan yang benar-benar mendesak dan tak bisa dibeli dengan menggunakan sistem pengantaran.

2. Belanjalah sendiri di jam-jam yang tidak sibuk guna menghindari banyaknya pembeli.

3. Bersihkan tangan dengan hand sanitizer sesering mungkin sebelum masuk toko dan setelah keluar toko serta setiap habis memilih barang.

4. Pakai masker dan tetap jaga jarak setidaknya 1,8 meter satu sama lain.

5.. Hanya sentuh barang yang benar-benar Anda ingin beli. Hindari menyentuh sebisa mungkin.

Tak perlu pakai sarung tangan karena sarung tangan bisa jadi terkontaminasi. Sebaiknya sering gunakan hand sanitizer alih-alih pakai sarung tangan.

Bagi Anda yang pergi ke pasar, sangat disarankan  untuk tidak menyentuh wajah. Ingatlah mencuci tangan bila sampai di rumah. Berikut kiat untuk menangani barang-barang belanjaan:

1. Untuk bahan makanan seperti daging, unggas, dan seafood, atau makanan lain yang mudah rusak dalam dua jam sebaiknya langsung didinginkan atau dibekukan. Cuci tangan dengan sabun usai menyimpan bahan makanan tersebut.

Bakteri berbahaya tumbuh tercepat pada suhu antara 5 derajat Celcius dan 60 derajat Celcius. Jika Anda beli daging, unggas atau makanan laut, jangan lupa minta es batu untuk menjaga suhu di bawah 5 derajat.

2. Jangan gunakan semprotan atau produk sanitasi makanan yang mengandung desinfektan seperti pemutih atau amonia. Ini dapat menyebabkan kerusakan internal yang parah dan dapat menyebabkan kematian.

3. Jika tas kain atau tas yang dapat digunakan kembali digunakan untuk menyimpan produk yang dikemas, cuci secara teratur dan keringkan dalam pengaturan hangat.

4. Untuk sayur mayur dan buah, jangan disemprot disinfektan. Membersihkannya cukup dengan dicuci dengan air yang mengalir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pusat perbelanjaan Pasar Tradisional Virus Corona pandemi corona

Sumber : Antara

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top