Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Cara Pakai dan Manfaat Minyak Kayu Manis

Minyak kayu manis berpotensi memerangi gangguan neurologis dan penyakit jantung. Minyak ini juga baik digunakan dengan campuran lain.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  14:29 WIB
Kayu manis - kemendag.go.id
Kayu manis - kemendag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Minyak atsiri atau esensial kayu manis memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Terdapat dua jenis minyak atsiri yang terbuat dari kayu manis. “Minyak atsiri kayu manis adalah uap yang disuling baik dari daun atau kulit kayu manis atau pohon,” kata Amy Galper, ahli aromaterapi seperti dilansir dari laman Well and Good.

Adapun minyak yang berasal dari daun cenderung kurang mengiritasi kulit dan paru-paru, sedangkan minyak dari kulit bisa menyebabkan iritasi parah yang muncul seperti luka bakar.

“Cara terbaik untuk menggunakan minyak kayu manis sangat hati-hati. Minyak kayu manis paling baik digunakan dalam campuran dengan minyak esensial lainnya yang menenangkan kulit, seperti minyak jeruk manis, minyak lavender, minyak pohon teh, minyak nilam, dan minyak geranium,”kata Galper.

“Jika tidak, akan mengiritasi kulit, mata dan paru-paru jika dihirup langsung atau dioleskan langsung ke kulit."

Jadi ketika menggunakan diffuser, sebaiknya pahami bahwa kayu manis tak bisa digunakan sendiri, dan jangan biarkan campuran berjalan sepanjang hari. Meski Anda tidak perlu mengoleskan minyak kayu manis langsung ke kulit Anda, itu bisa menjadi tambahan yang manjur untuk memijat.

“Kayu manis juga sangat hangat dan bagus untuk sakit dan nyeri otot, jadi setetes bisa ditambahkan ke minyak pijat untuk pijatan yang merangsang rasa panas,” kata Galper.

Ingat hanya setetes, karena minyak kayu manis dapat menstimulasi kulit secara berlebihan jika Anda tidak berhati-hati.

Minyak atsiri kayu manis — baik dari daun maupun kulitnya — terdiri dari molekul yang telah terbukti memerangi mikroba dan patogen, yang sering digunakan dalam formula yang menangkal kuman dan bersifat antiseptik, antimikroba, anti-infeksi, dan mendukung kekebalan.

Khasiat minyak esensial kayu manis:

1. Dapat meningkatkan sirkulasi

Menurut penelitian, kayu manis telah secara historis digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, yang merupakan bagian dari alasan mengapa kayu manis dapat menjadi minyak pijat yang ideal. Saat digunakan dapat membantu melepaskan ketegangan otot dalam tubuh. Untuk memainkannya dengan aman, pastikan untuk menggunakannya dengan minyak pelarut, seperti minyak jojoba, minyak rosehip, atau minyak kelapa.

2. Mengandung antibakteri

Seperti yang ditunjukkan Galper, minyak atsiri kayu manis adalah untuk melawan banyak hal, tetapi minyak ini terbukti sangat antibakteri. Fokus yang sangat menarik di mana minyak atsiri kayu manis telah dipelajari adalah sehubungan dengan pembusukan makanan. Namun, karena ada bukti yang mendukung kemanjurannya bahan ini perlu dipertimbangkan dalam pembersih rumah.

3. Dapat digunakan untuk kesehatan mulut

Penelitian tertentu menunjukkan bahwa minyak kayu manis dapat bermanfaat bagi kesehatan mulut, seperti untuk mencegah gigi berlubang, infeksi jamur, dan sariawan. Satu studi yang membandingkan dampak minyak atsiri kayu manis dan minyak atsiri cengkeh yang menunjukkan kayu manis memiliki potensi untuk mengurangi kerusakan gigi dan plak gigi. Tetapi jika Anda menempuh rute itu, gunakan dengan hati-hati, jangan sampai tertelan.

4. Menghangatkan tubuh

Jika Anda merasa sangat lelah, aroma hangat minyak kayu manis melalui diffuser dapat melancarkan pernapasan dan melegakan tenggorokan.

5. Melawan brain fog

Beberapa penelitian menunjukkan kayu manis berpotensi berguna dalam memerangi gangguan neurologis dan penyakit jantung. Jika itu kedengarannya terlalu berlebihan, mungkin aman untuk mengatakan bahwa minyak kayu manis adalah penambah kognitif dan dapat membantu melawan brain fog atau kelelahan otak.

Cara menggunakan minyak atsiri kayu manis

Secara keseluruhan, gagasan untuk menggunakan minyak atsiri kayu manis sepanjang hari tampaknya sedikit tidak praktis.

Galper menyarankan bahwa yang terbaik untuk digunakan sebagai sempotran aromatik untuk memurnikan udara, dalam salah satu campuran yang dapat menyulap rasa pedas tanpa menjadi terlalu kuat.

Dia juga menyarankan agar Anda bisa menggunakan minyak atsiri kayu manis dalam pembersih tangan buatan sendiri. Namun tetap ikuti aturan satu tetes ketika menggunakannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minyak kayu

Sumber : Tempo.co

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top