Expedia group
Travel

Industri Travel Terpukul Covid-19, Transaksi Expedia Group Anjlok di Kuartal 2

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 31 Juli 2020 - 11:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Expedia Group Inc. tercatat pendapatan anjlok 82% di kuartal kedua, akibat dampak coronavirus pada sektor traveling.

Saham merosot sebanyak 4,8% dalam perdagangan pasca-pasar. Raksasa perjalanan online yang berbasis di Seattle ini melaporkan total pemesanan kotor US$2,71 miliar untuk periode tiga bulan hingga 30 Juni, penurunan 90% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Pendapatan turun menjadi US$566 juta, terendah dalam sekitar satu dekade dan melewatkan Wall Street yang sudah mengurangi ekspektasi US$680 juta untuk kuartal tersebut.

Kerugian yang disesuaikan sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi adalah US$436 juta, kehilangan estimasi analis rata-rata dari kerugian US$288 juta.

"Kuartal kedua 2020 mewakili kemungkinan kuartal terburuk yang pernah dilihat industri perjalanan dalam sejarah modern dan Expedia tentu saja tidak selamat," kata Chief Execuitve Officer Peter Kern dikutip Bloomberg.com.

Dia juga mengatakan bahwa setelah mencapai titik terendah di bulan April, perusahaan melihat pemesanan bruto sedikit meningkat di bulan Mei dan Juni karena pembatalan mereda.

Vrbo, unit persewaan liburan Expedia, memimpin pemulihan sementara karena penduduk kota yang gelisah telah mulai menjelajahi pegunungan, danau, dan taman nasional dalam jarak berkendara dari rumah mereka. Sewa liburan domestik adalah satu segmen industri perjalanan yang bangkit kembali, namun Kern mengakui itu akan menjadi "pemulihan yang bergelombang dan tidak konsisten" untuk seluruh sektor.

Expedia melihat perjalanan udara pulih lebih cepat di AS daripada di Eropa, dan mengatakan bahwa sewa liburan domestik kemungkinan akan memimpin pemulihan.

Expedia telah berjuang keras dalam bulan-bulan menjelang pandemi ini, ketika persaingan meningkat dari perusahaan pemula seperti Airbnb Inc. dan kesulitan dalam beriklan di perusahaan seperti Alphabet Inc. Google mulai menyengat.

Akibat pandemi, perusahaan telah menggulingkan mantan kepala eksekutif akhir tahun lalu dan memangkas 3.000 pekerjaan pada bulan Februari. Sementara itu, TripAdvisor Inc. dan Airbnb masing-masing memangkas sekitar seperempat tenaga kerja mereka, sementara Booking Holdings Inc. dipaksa untuk mengajukan permohonan bantuan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro