Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Mencuci Masker Kain

Masker kain, merupakan jenis yang dianjurkan untuk dipakai masyarakat biasa. Sebab, masker ini fleksibel, bisa digunakan berkali-kali, dan tidak haram untuk dicuci.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 08 Agustus 2020  |  10:21 WIB
Anggota Tim Pakar Satgas Covid-19 Shela Rachmayanti mempraktikkan cara melepas masker yang benar. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Anggota Tim Pakar Satgas Covid-19 Shela Rachmayanti mempraktikkan cara melepas masker yang benar. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 menjelaskan bahwa untuk menghindari penularan virus Covid-19, ada 3 jenis masker di pasaran yang bisa digunakan.

Ketiga jenis tersebut adalah masker kain, masker medis atau masker bedah, dan masker N95 atau KN95.

Untuk jenis terakhir, merupakan masker yang punya efektivitas 95 persen dalam menyaring partikel virus berukuran 0,3-10,1 mikron. Namun, masker ini dianjurkan untuk dipakai tenaga medis karena penggunaannya diprioritaskan untuk tindakan yang dapat menimbulkan aerosol, seperti operasi.

Kemudian dua jenis lain, masker medis dan masker kain punya karakteristik berbeda. Masker medis hanya boleh sekali pakai dan tidak boleh dicuci. Penyimpanannya pun harus lebih hati-hati.

Adapun masker terakhir, masker kain, merupakan jenis yang dianjurkan untuk dipakai masyarakat biasa. Sebab, masker ini fleksibel, bisa digunakan berkali-kali, dan tidak haram untuk dicuci.

Anggota Tim Pakar Satgas Covid-19,  Shela Rachmayanti, menganjurkan agar masker segera dicuci bila selesai beraktivitas.

Pencucian rutin akan membuat risiko kontaminasi bakteri terhadap masker semakin minim.

"Sangat penting juga untuk tidak meletakkan masker sembarangan karena akan sangat berisiko terkena bakteri," katanya dalam dialog ‘Thermo Gun dan Maseker’ di BNPB, Jumat (7/8/2020).

Dalam proses pencucian, Shela menambahkan bahwa alangkah baiknya bila menggunakan sabun atau deterjen. Sebab, bila dengan air biasa, ada potensi bakteri yang menempel di bagian luar tidak akan mati.

Masker pun juga wajib lebih dulu dijemur di bawah sinar matahari, guna memastikan kebersihannya.

"Anda juga dapat mensterilkan masker dengan menyeterikanya atau meletakkannya," tandasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

covid-19 masker
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top