Tampilan aplikasi Facebook di smartphone./Bloomberg
Fashion

Gandeng Komikus Indonesia, Facebook & Instagram Luncurkan Kampanye Digital

Akbar Evandio
Kamis, 13 Agustus 2020 - 03:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Platform media sosial, Facebook dan Instagram, meluncurkan sebuah kampanye edukasi publik di Indonesia bertajuk #NyamandiSosmed selama sebulan mendatang. Adapun kedua platform ini menggandeng beberapa komikus Tanah Air.

Public Policy untuk Facebook di Indonesia, Karissa Sjawaldy, mengungkapkan bahwa kampanye ini bertujuan untuk mengajak warga digital memahami lebih jauh tentang kendali yang mereka miliki agar tetap aman dan nyaman saat berada di Facebook dan Instagram, dan memanfaatkan ragam fitur untuk membangun komunitas serta menjadikan interaksi di ranah online lebih bermakna dan menyenangkan.

“Facebook dan Instagram dirancang untuk membangun komunitas dan interaksi yang bermakna, serta membuat dunia menjadi lebih dekat. Karena itulah kami terus mengajak masyarakat di Indonesia untuk memanfaatkan fitur-fitur keamanan di Facebook dan Instagram agar dapat menikmati pengalaman di ranah online secara optimal,” katanya lewat diskusi virtual, Rabu, (12/8)

Dia menyebutkan bahwa Facebook dan Instagram berkolaborasi dengan komikus muda Indonesia, Naufal Faridurrazak, yang dikenal lewat karyanya, Si Nopal. Bersama Cuty, Abah Enol, dan Bunda, Nopal akan menampilkan serial animasi tentang bagaimana menjadi warga digital yang cermat saat menggunakan platform digital.

Anima Si Nopal akan mengulas tentang tips dan trik mudah mengetahui berita palsu atau misinformasi, cara melindungi akun media sosial dari pembajakan (hacking) dan penipuan (phising/scamming), serta pentingnya bersikap bijak sebelum membagikan informasi atau berita.

Serial ini akan tayang di halaman Facebook dan akun Instagram Si Nopal, dan di halaman Facebook Indonesia.

“Melalui kolaborasi dengan Facebook dan Instagram, Anima Si Nopal ingin berpesan kepada masyarakat untuk lebih cermat dan bijak saat menggunakan media sosial, sehingga dapat menyebarkan konten yang positif dan bermanfaat. Saya sangat senang bisa bekerjasama dengan Facebook dan semoga para penggemar Si Nopal menikmati seri animasi terbaru ini,” kata Naufal.

Selain membagikan tips tentang bagaimana bersikap lebih bijak saat menggunakan media sosial, Facebook dan Instagram juga akan bekerja sama dengan Nur Alif Ramadhan, seorang kreator muda di balik akun animasi Dalang Pelo (@dalangpelo).

Dua karakter utama akun Dalang Pelo, Acil dan Leri, akan membagikan tips dan trik mengenali akun bisnis penipu di Instagram dan Facebook melalui video animasi yang interaktif.

Selain serial animasi, kampanye ini juga akan hadir dalam bentuk podcast di kanal #NyamandiSosmed di Box2Box ID dan artikel edukasi berseri di akun Instagram Detik.com.

“Facebook dan Instagram berkomitmen untuk menjaga komunitas tetap aman dan memiliki informasi yang memadai agar dapat saling terhubung, berinteraksi, dan tetap aman saat berada di platform online. Merupakan hal yang penting bagi Facebook untuk memastikan semua orang tetap Nyaman di Sosmed kapan pun dan di mana pun,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro