Ilustrasi probiotik
Health

Probiotik Dapat Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dewi Andriani
Sabtu, 15 Agustus 2020 - 02:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) ini, masyarakat diminta untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah penularan virus corona.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seseorang perlu mengonsumsi makanan bergizi dan berserat, olahraga teratur, istirahat yang cukup, serta menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pentingnya menjaga pencernaan karena nyatanya 70 persen daya tahan tubuh berasal dari usus.

Esther Ellis, penulis sekaligus ahli nutrisi dalam jurnal “Academy of Nutrition and Dietetics” menyebutkan beberapa zat gizi yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh antara lain beta karoten atau vitamin A, vitamin C, vitamin D, zinc, protein, dan probiotik atau bakteri baik.

Seperti yang dikutip pada Jumat (14/8/2020), probiotik ini bisa ditemukan dalam produk-produk makanan dan minuman, misalnya susu, yogurt, tempe, acar, atau kefir, juga dalam suplemen. Uniknya, probiotik pun membutuhkan makanan agar dapat terus berkembang, nah makanan untuk probiotik disebut prebiotik.

Prebiotik sangat baik bagi kesehatan karena dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan juga menekan pertumbuhan tekanan yang tidak sehat. Probiotik dan prebiotic yang membantu bakteri baik di usus berkembang maksimal juga dapat ditemukan pada Scrubber.

Yaitu minuman yang terbuat dari sari jeruk asli dengan kandungan bakteri baik Bacillus coagulans yang berperan membantu melawan bakteri jahat di dalam usus. Scrubber juga mengandung makanan untuk bakteri baik di usus, yakni Oligosakarida.

Bakteri baik yang mendapat asupan oligosakarida akan berperan secara maksimal dalam upaya melindungi kesehatan saluran cerna. Scrubber juga mengandung bermacam serat, Polidekstrosa dan Psyllium yang dapat membantu membersihkan sisa makanan di dalam usus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro