Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Probiotik Dapat Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh maka asupan gizi, nutrisi dan probiotik menjadi penting selama pandemi Covid-19.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 15 Agustus 2020  |  02:31 WIB
Ilustrasi probiotik
Ilustrasi probiotik

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) ini, masyarakat diminta untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah penularan virus corona.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seseorang perlu mengonsumsi makanan bergizi dan berserat, olahraga teratur, istirahat yang cukup, serta menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pentingnya menjaga pencernaan karena nyatanya 70 persen daya tahan tubuh berasal dari usus.

Esther Ellis, penulis sekaligus ahli nutrisi dalam jurnal “Academy of Nutrition and Dietetics” menyebutkan beberapa zat gizi yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh antara lain beta karoten atau vitamin A, vitamin C, vitamin D, zinc, protein, dan probiotik atau bakteri baik.

Seperti yang dikutip pada Jumat (14/8/2020), probiotik ini bisa ditemukan dalam produk-produk makanan dan minuman, misalnya susu, yogurt, tempe, acar, atau kefir, juga dalam suplemen. Uniknya, probiotik pun membutuhkan makanan agar dapat terus berkembang, nah makanan untuk probiotik disebut prebiotik.

Prebiotik sangat baik bagi kesehatan karena dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan juga menekan pertumbuhan tekanan yang tidak sehat. Probiotik dan prebiotic yang membantu bakteri baik di usus berkembang maksimal juga dapat ditemukan pada Scrubber.

Yaitu minuman yang terbuat dari sari jeruk asli dengan kandungan bakteri baik Bacillus coagulans yang berperan membantu melawan bakteri jahat di dalam usus. Scrubber juga mengandung makanan untuk bakteri baik di usus, yakni Oligosakarida.

Bakteri baik yang mendapat asupan oligosakarida akan berperan secara maksimal dalam upaya melindungi kesehatan saluran cerna. Scrubber juga mengandung bermacam serat, Polidekstrosa dan Psyllium yang dapat membantu membersihkan sisa makanan di dalam usus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nutrisi kekebalan Imunitas tubuh
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top