Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Nasihat Barli Asmara Sebelum Meninggal

Barli Asmara memberikan nasihat kepada desainer Indonesia, khususnya bagi perancang busana pendatang baru.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  17:47 WIB
Barli Asmara meninggal dunia. - Instagram
Barli Asmara meninggal dunia. - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA -  Barli Asmara adalah desainer Indonesia yang telah mengharumkan nama Indonesia hingga kancah internasional.

Nama Barli  mulai harum sejak memulai debutnya di lintasan runway Jakarta Fashion Week (JFW) 2008. Saat itu, Berli menjadi pengisi sesi peragaan busana Dewi Fashion Knights di JFW 2008.

Usai memulai debutnya pada 2008, Barli mulai mendapatkan tawaran show tunggal. Bahkan namanya juga sempat terkenal di Amerika Serikat.

Pria yang lahir di Bandung pada 3 Maret 1978 pernah dipilih oleh International Management Group (IMG), sebagai penyelenggara fashion show untuk ikut dalam New York Fashion Week 2018 yang bertempat di The Dream DownTown.

Saat itu, Barli banyak membawa koleksi dengan mengusung konsep dari wanita bangsawan. Pada 2018, Barli pergi bersama Dian Pelangi, Catherine Njoo, Melia Wijaya, dan Vivi Zubedi.

Keinginan Barli menjadi desainer berawal dari mimpinya yang ingin memiliki banyak pakaian yang bagus-bagus. Selain itu, hasrat Barli untuk menjadi desainer berawal saat melihat kemampuan neneknya yang cekatan merias wajah, atau menekuni dunia tata rias.

Keinginannya untuk menjadi desainer, sejalan dengan hobi menggambar. Lantas, dia juga menggunakan imajinasinya untuk menciptakan busana-busana unik.

Usaha tak akan pernah mengkhianati hasil. Semasa hidup, Barli Asmara juga sempat menjadi desainer langganan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Saya kalau sudah menggambar, tidak bisa berhenti. Seperti ada aura tertentu dari tangan saya," ungkapnya saat berbincang dengan Bisnis pada 2016. Namun beberapa tahun terakhir, aktivitasnya di dunia fesyen terhenti karena sempat sakit liver.

Kini dunia fashion hanya bisa mengenang karya Barli Asmara dan mengingat semangat perjuangan untuk menghasilkan karya-karya terbaik dari tangan yang tidak pernah lelah.

Empat tahun silam, Barli berpesan kepada desainer muda yang ingin terjun ke dunia fashion agar tetap semangat. "Tidak ada hal yang tidak mungkin dicapai selama kita tidak menyerahkan passion begitu saja dan terus mengasah determinasi."

“Bekerja keras, semangat, jangan andalkan idealisme untuk diri sendiri, tidak boleh egois, harus berbagi, raihlah mimpi, dan ucapkanlah dengan hal-hal positif supaya kebaikan bisa kembali kepada diri kita sendiri,” ungkap Barli Asmara.

Terima kasih karena telah mewarnai dunia fesyen Indonesia. Selamat jalan Barli Asmara!

barli asmara meninggal dunia

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

desainer meninggal barli asmara
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top