Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Makanan dan Minuman yang Membuat Tidur Nyenyak

Tidur yang nyenyak dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis tertentu, menjaga otak tetap sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
2

Kiwi dan Jus Ceri Tart

Buah Kiwi - Blackpeppercorn
Buah Kiwi - Blackpeppercorn
Bagikan

Kiwi

Kiwi adalah buah yang rendah kalori dan sangat bergizi. Satu buah hanya mengandung 42 kalori dan sejumlah besar nutrisi, termasuk 71 persen dari DV untuk vitamin C.

Kandungan yang terdapat dalam buah ini memberi pria dan wanita masing-masing 23 persen dan 31 persen vitamin K yang mereka butuhkan setiap hari.

Kiwi mengandung jumlah folat dan kalium yang layak serta beberapa mineral juga.

Selain itu, makan kiwi dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan menurunkan kolesterol. Efek ini disebabkan oleh tingginya jumlah serat dan antioksidan karotenoid yang ada.

Menurut penelitian tentang potensinya untuk meningkatkan kualitas tidur, kiwi juga bisa menjadi salah satu makanan terbaik untuk dimakan sebelum tidur.

Dalam studi selama 4 minggu, 24 orang dewasa mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur setiap malam. Di akhir penelitian, partisipan tertidur 42% lebih cepat dibandingkan saat mereka tidak makan apapun sebelum tidur.

Selain itu, kemampuan mereka untuk tidur sepanjang malam tanpa bangun meningkat 5 persen, sementara total waktu tidur mereka meningkat 13 persen.

Efek penambah tidur dari kiwi terkadang dikaitkan dengan serotonin. Serotonin adalah zat kimia otak yang membantu mengatur siklus tidur.

Juga disarankan bahwa antioksidan anti-inflamasi dalam kiwi, seperti vitamin C dan karotenoid, mungkin ikut bertanggung jawab atas efek penambah tidurnya.

Bukti ilmiah lebih lanjut diperlukan untuk menentukan efek kiwi dalam meningkatkan kualitas tidur. Meskipun demikian, makan 1–2 kiwi ukuran sedang sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan tertidur lebih lama.

Jus ceri tart

Jus ceri tart memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan. Pertama, jus ceri tart menyediakan sejumlah kecil nutrisi penting, seperti magnesium dan fosfor. Ini juga merupakan sumber potasium yang baik .

Satu porsi 8 ons (240 mililiter) mengandung 17 persen kalium yang dibutuhkan wanita setiap hari dan 13% kalium yang dibutuhkan pria setiap hari. Selain itu, jus ini kaya akan sumber antioksidan, termasuk antosianin dan flavonol.

Jus ceri tart juga dikenal untuk meningkatkan rasa kantuk, dan bahkan telah dipelajari untuk perannya dalam meredakan insomnia.

Untuk alasan ini, minum jus ceri tart sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Efek penambah tidur dari jus ceri ini disebabkan oleh tingginya jumlah melatonin.

Dalam sebuah penelitian kecil, orang dewasa dengan insomnia meminum 240 ml jus ceri tart dua kali sehari selama 2 minggu. Mereka tidur 84 menit lebih lama dan melaporkan kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan saat mereka tidak minum jus.

Meskipun hasil ini menjanjikan, penelitian yang lebih ekstensif diperlukan untuk memastikan peran jus ceri asam dalam meningkatkan kualitas tidur dan mencegah insomnia. Minum jus ceri asam sebelum tidur patut dicoba jika Anda berjuang untuk tidak tertidur atau tertidur di malam hari.

3 dari 5 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan tidur
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top