Salmon/newhealthguide.org
Health

Ini Makanan dan Minuman yang Membuat Tidur Nyenyak

Yudi Supriyanto
Sabtu, 5 September 2020 - 19:40
Bagikan

Ikan Berlemak dan Kenari

Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, trout, dan mackerel, sangat sehat. Yang membuat mereka unik adalah jumlah vitamin D yang luar biasa.

Misalnya, satu porsi salmon sockeye 3 ons (85 gram) mengandung 570 unit internasional (IU) vitamin D. Itu 71 persen dari DV Anda. Porsi serupa dari ikan rainbow trout yang dibudidayakan mengandung 81 persen DV.

Selain itu, ikan berlemak tinggi akan asam lemak omega-3 yang sehat, khususnya asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

EPA dan DPA dikenal untuk mengurangi peradangan. Selain itu, asam lemak omega-3 dapat melindungi dari penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan otak.

Kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan berlemak berpotensi meningkatkan kualitas tidur, karena keduanya telah terbukti meningkatkan produksi serotonin.

Dalam sebuah penelitian, pria yang makan 10,5 ons (300 gram) salmon Atlantik tiga kali seminggu selama 6 bulan tertidur sekitar 10 menit lebih cepat daripada pria yang makan ayam, daging sapi, atau babi.

Efek ini dianggap sebagai hasil dari vitamin D. Mereka yang termasuk dalam kelompok ikan memiliki tingkat vitamin D yang lebih tinggi, yang dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur yang signifikan.

Makan beberapa ons ikan berlemak sebelum tidur dapat membantu individu tidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak.

Lebih banyak penelitian diperlukan untuk membuat kesimpulan pasti tentang kemampuan ikan berlemak untuk meningkatkan kualitas tidur.

Kenari

Kacang kenari adalah jenis kacang  yang populer. Kacang ini kaya akan nutrisi, menyediakan lebih dari 19 vitamin dan mineral, selain 1,9 gram serat, dalam porsi 1 ons (28 gram).

Kacang kenari sangat kaya akan magnesium, fosfor, mangan, dan tembaga. Selain itu, kenari adalah sumber lemak sehat yang bagus, termasuk asam lemak omega-3 dan asam linoleat.

Kacang ini juga menyediakan 4,3 gram protein per ons, yang mungkin bermanfaat untuk mengurangi nafsu makan.

Kacang kenari juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kacang kenari telah dipelajari karena kemampuannya untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Terlebih lagi, beberapa peneliti mengklaim bahwa makan kenari meningkatkan kualitas tidur, karena kenari adalah salah satu sumber makanan terbaik melatonin.

Kandungan asam lemak pada kenari juga dapat membuat tidur lebih nyenyak. Mereka menyediakan asam alfa-linolenat (ALA), asam lemak omega-3 yang diubah menjadi DHA di dalam tubuh. DHA dapat meningkatkan produksi serotonin.

Tidak banyak bukti yang mendukung klaim tentang kenari yang meningkatkan kualitas tidur. Faktanya, belum ada penelitian yang secara khusus berfokus pada peran mereka dalam mendorong tidur.

Terlepas dari itu, jika Anda kesulitan tidur, makan kenari sebelum tidur dapat membantu. Kira-kira segenggam kenari merupakan porsi yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro